androidvodic.com

Ini Empat Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Ada 70 Juta Perokok Aktif di Indonesia - News

News, JAKARTA - Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan bahwa jumlah perokok aktif di Indonesia diperkirakan mencapai 70 juta orang. Dari 70 juta orang tersebut, sebanyak 7,4 persen di antaranya perokok berusia 10-18 tahun.

Baca juga: Konsumsi Rokok Murah Meningkat, YLKI Tuding Berlapisnya Struktur Tarif Cukai Sebagai Pemicu

Menurut Epidemiolog dan ahli kesehatan global Dicky Budiman rokok dan vape terbukti secara ilmiah membawa dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan.

Berikut 4 penyakit yang mengancam perokok beserta orang yang terpapar asapnya.

1. Penyakit Jantung dan Gangguan Pembuluh Darah

Salah satu dampak dari merokok dan Vape adalah penyakit jantung dan pembuluh darah. Merokok adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Nikotin dalam rokok dan vape dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular. "Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, dengan merokok sebagai salah satu faktor risiko utama," ungkap Dicky pada keterangannnya, Senin (3/6/2024).

Baca juga: Jumlah Pengguna Rokok Elektrik di Indonesia Melonjak, Perlu Diiringi dengan Edukasi

2. Penyakit Paru - Paru

Rokok adalah penyebab utama penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kanker paru-paru. Asap rokok merusak jaringan paru-paru dan menyebabkan peradangan kronis.

Penggunaan vape juga tidak aman bagi paru-paru. Walau banyak yang menganggap vape sebagai alternatif yang lebih aman, penelitian menunjukkan bahwa uap yang dihasilkan mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak paru-paru.

"Data WHO menunjukkan bahwa 90 persen kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh merokok," tegas Dicky.

Baca juga: Riset: Vape Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru

3. Kanker

Selain kanker paru-paru, merokok juga berhubungan dengan berbagai jenis kanker lain. Seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, pankreas, kandung kemih, dan ginjal. Menurut American Cancer Society, merokok bertanggung jawab atas hampir 20 persen dari semua kematian akibat kanker.

4. Gangguan Reproduksi dan Kehamilan

Merokok ternyata dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria dan wanita. Pada wanita hamil, merokok meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Selain itu, Dicky menjelaskan jika paparan asap rokok pasif berbahaya bagi anak-anak. "Karena bisa menyebabkan masalah pernapasan, infeksi telinga, dan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak," pungkasnya.

Baca juga: Peneliti Inggris Temukan Hal Ini Terkait Risiko Produk Tembakau Alternatif Dibandingkan Rokok

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat