androidvodic.com

Pingsan Bisa Jadi Tanda Bahaya Pada Tubuh Ini Ciri-cirinya dan Cara Mengatasinya - News

News, JAKARTA - Mungkin sebagian orang pernah mengalami pingsan. Pingsan atau hilangnya kesadaran umumnya terjadi ketika seseorang mengalami kelelahan, sakit atau ketakutan luar biasa.

Tapi jangan dianggap sepele. Pingsan bisa jadi salah satu tanda bahaya.
Salah satunya bisa menjadi gejala dari gangguan irama jantung (aritmia) yang bisa berujung kematian mendadak.

Baca juga: Rekor Gelombang Panas di India Pecah, Bandara New Delhi Chaos karena Banyak Penumpang Pingsan

"Salah satu penyebab Pingsan adalah aritmia. Pingsan bisa menjadi gejala pertama atau terakhir dari kematian mendadak," kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr. Alexandra Gabriella, Sp. J. P, FIHA saat media briefing yang diselenggarakan RS Pondok Indah di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Namun, memang tidak semua pingsan mengarah pada aritmia. Karenanya, dr Gabriella pun bagikan perbedaan pingsan biasa dengan yang berbahaya.

Ciri-ciri pingsan yang tidak berbahaya pertama adalah pingsan terjadi ketika ada perubahan posisi. Misalnya dari duduk, tiba-tiba berdiri.

Kedua, dicetuskan oleh rangsangan spesifik. Misalnya berada di tengah keramaian sehingga sulit bernapas. Atau sedang melakukan upacara dengan cuaca panas. Sedangkan tanda pingsan yang berbahaya pertama adalah terjadi tanpa gejala awal yang jelas.

Baca juga: Didiagnosis Aritmia? Sebaiknya Hindari Minum Kopi

Contoh, seorang pemain bola awalnya terlihat baik-baik saja. Tapi secara mendadak mengalami pingsan. Kedua, memiliki riwayat penyakit jantung. Ketiga, punya riwayat meninggal mendadak dalam keluarga.

Lantas apa yang bisa dilakukan saat melihat orang pingsan dan diduga aritmia?

Terkait hal ini, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr. Alexandra Gabriella, Sp. J. P, FIHA di Jakarta beri penjelasan. Menurutnya, langkah pertama adalah segera cek nadi orang tersebut.

Baca juga: Waspadai Stroke Akibat Gangguan Irama Jantung, Dokter Spesialis: Bisa Menyebabkan Kematian

Jika cek nadi tidak ditemukan, maka segera lakukan panggilan ke nomor darurat 112 (Call Center 112). "Begitu pingsan segera dipanggil (orang yang pingsan). Tidak ada respon, cek nadi. Tidak ada denyut nadi, telepon 112," tegasnya.

Selagi menunggu tenaga medis datang, lakukan langkah cardiopulmonary resuscitation atau dikenal dengan resusitasi jantung paru (RJP).

Langkah RJP:

1. Pastikan orang yang mengalami henti napas berada di dataran yang keras dan lurus sehingga tidak ada rebound saat dilakukan kompresi.
2. Posisi bisa berada di sebelah kanan dan kiri orang tersebut.
3. Lebarkan kaki untuk ancang-ancang
4. Titik RJP berada dua jari di atas xipoid process/taju pedang.
5. Tekan dengan kedalaman 5-6 cm dengan kecepatan 100-120 tekanan per menit. 6.Lakukan selama 5 siklus.
7. Gunakan kekuatan bahu untuk menekan bagian tengah dada.

Menurut dr Gabriella, jika saat seseorang alami henti jantung dan tidak mendapatkan penanganan apa pun, maka bisa sebabkan kefatalan. "Kalau henti jantung, dikatakan otak bisa rusak dalam 6 menit tanpa ada CPR," imbuhnya. Oleh karena itu, dipastikan CPR segera sampai datangnya tenaga medis.

Baca juga: Tiap Hari Tidur 2 Jam di Lokasi Syuting, Devano Danendra Mimisan dan Pingsan

"Kalau cepat bisa bangun lagi, jalan lagi. Jadi tidak ada golden period," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat