androidvodic.com

Gen Z Kerap Dianggap Gampang 'Kena Mental', Dokter Jiwa Sebut Ada Peran Keluarga - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Kesehatan mental menjadi salah satu perhatian generasi Z atau Gen Z

Hal ini membuat Gen Z  dianggap gampang "kena mental". Tidak jarang pula mental Gen Z dianggap lebih lemah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Tentang hal ini, dokter spesialis jiwa dari RS Nirmala Suri, dr. Taufik Ismail Sp.K.J. mengungkapkan kondisi mental Gen Z ternyata tidak jauh-jauh dari peran keluarga dan lingkungan. 

"Peran keluarga dan juga lingkungan sosial dalam mendukung kesehatan mental Gen Z tentunya sangat besar," ungkapnya pada kanal YouTube Tribun Health, Jumat (14/6/2024). 

Hal ini karena keluarga menjadi "sekolah pertama" bagi sang anak. 

Selain keluarga, lingkungan sosial juga membentuk karakter awal seorang anak dan remaja.

Ketika anak tumbuh dalam lingkungan atau  keluarga yang sering melakukan kekerasan, secara sadar atau tidak hal itu akan tertanam dalam memorinya. 

"Dan itu akan berpengaruh ketika dia remaja atau dewasa awal. Dilihat saat menghadapi masalah-masalah di kemudian hari," papar Taufik. 

Bisa pula anak tidak suka dengan karakter atau sifat orang tuanya.

Namun, secara tidak sadar, dia meniru pola orang tuanya ketika mendapatkan tekanan. 

"Orang tuanya misalnya mudah marah dia enggak suka dimarahi. Tapi ketika dewasa justru pola itu ditiru secara tidak sengaja.  Makanya penting sekali orang tua memberikan contoh kepada anak-anaknya dalam bersikap dalam,"imbaunya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat