androidvodic.com

Cara Menangani Osteoartritis Lutut, Penyakit yang Banyak Dialami Lansia - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Pengapuran tulang atau Osteoartritis (OA) sering dialami orang yang memasuki usia lanjut usia (lansia).

Seseorang yang mengalami OA akan menunjukan gejala serta tanda peradangan seperti nyeri, bengkak dan hilangnya mobilitas.

Gangguan ini biasanya banyak menyerang sendi di lutut dan harus segera ditangani.

Melansir dari asosiasi orthopedic Indonesia, penanganan OA tidak harus dicapai melalui operasi.

Tatalaksana OA lutut harus didasarkan pada evaluasi riwayat pasien secara menyeluruh, pemeriksaan fisik paripurna, dan pemeriksaan radiologis yang sesuai.

Seperti penanganan nyeri lutut melalui tindakan medis Unicompartmental Knee Arthroplasty (UKA) yang merupakan prosedur bedah minimal invasif yang menggantikan hanya bagian yang rusak dari sendi lutut, baik di sisi medial (bagian dalam) maupun lateral (bagian luar).

Konsultan Orthopedi Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) Dr. dr. John C.P. Butarbutar, SpOT, (K)., menjelaskan metode UKA dengan perbedaan operasi Total Knee Replacement (TKR) yang menggantikan seluruh sendi lutut.

"Metode UKA hanya menargetkan area yang bermasalah sehingga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat, rasa sakit yang lebih minimal, dan penggunaan obat penghilang rasa sakit yang lebih sedikit," kata dr. John dalam kegiatan bersama media baru-baru ini.

Sementara TKR diketahui sebagai prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik).

Pasien yang disaranakan dengan metode UKA ujar dia, adalah pasien yang menderita osteoarthritis atau cedera lutut traumatis.

Baca juga: Waspadai Osteoartritis: Ketika Sendi Kaki Terasa Sakit Ekstrim

Direktur SHLV, dr. Jeffry Oeswadi, MARS, menambahkan prosedur UKA berjalan efektif bagi pasien yang membutuhkan.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus memberikan layanan medis terbaik bagi pasien dengan osteoarthritis lutut," ujar dr. Jeffry.

Kondisi Osteoarthritis yang sering dialami usia 50 tahun ke atas ini menjadi salah satu penyebab utama disfungsi individu yang mengurangi kualitas hidup di seluruh dunia, seiring dengan bertambahnya masalah obesitas dan usia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat