androidvodic.com

Ambeien Bisa Memburuk Apabila Tidak Ditangani Cepat dan Tepat - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.

Wasir bisa berada di dalam anus (Wasir Internal) atau luar anus (Wasir Eksternal).

Jika wasir mengeluarkan banyak darah, menimbulkan rasa sakit, bengkak dan nyeri, operasi menjadi solusi untuk dapat menghilangkan Wasir.

Bagi sebagian orang, mengubah pola makan dan gaya hidup sehat serta penggunaan obat-obatan tidak cukup untuk mengobatinya.

Dokter spesialis bedah di RS Telogorejo Semarang, dr FX Ardian Cahyadi, Sp.B-KBD mengatakan, benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan.

"Wasir internal juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB," kata Ardian Cahyadi saat peluncuran Vena Wasir Center di RS Telogorejo Semarang belum lama ini.

Masalah ambeien dapat berasal dari berbagai situasi, seperti kurangnya serat (sembelit), kehamilan.

Bahkan duduk terlalu lama di toilet dan olahraga berat seperti mengangkat beban.

Ambeien dapat memburuk apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Ketika ambeien mengalami komplikasi, hal ini bisa sangat tidak nyaman bagi penderitanya, menyebabkan tekanan, rasa perih, gatal atau nyeri menusuk yang tajam saat duduk. Beberapa pasien merasakan nyeri yang luar biasa saat buang air besar.

Komplikasi Wasir meliputi trombosis saat ambeien mengalami pembekuan darah,  prolaps atau ketika wasir internal menjadi sangat besar sehingga mendorong rektum. 

Kemudian anemia yakni ambeien yang teriritasi menyebabkan pendarahan, infeksi saat ketika wasir eksternal (atau wasir internal yang telah menjadi eksternal) timbul luka, bakteri dapat berkumpul dan menyebabkan infeksi.

Apakah ada solusi untuk atasi wasir?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat