androidvodic.com

Kinerja Anggaran Terbaik, Kemenkumham Raih Penghargaan dari Kemenkeu - News

News - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berhasil meraih penghargaan atas Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022, Rabu (17/05/2023). 

Adapun penghargaan yang diraihnya ini membawa Kemenkumham menempati posisi kedua setelah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada kategori Kementerian/Lembaga (K/L) pagu besar. 

Penyerahan penghargaan tersebut langsung diserahkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 di Ballroom Dhanapala, Kemenkeu, Jl. Senen Raya Nomor 1, Jakarta Pusat.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly menjelaskan, Kemenkumham selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja dan kualitas belanja negara untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

“Penghargaan kinerja anggaran terbaik ini menunjukkan tata kelola anggaran Kemenkumham yang semakin baik dari waktu ke waktu. Selain itu, kami selalu berusaha untuk fokus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Yasonna dalam keterangan persnya. 

Hal itu disampaikan Yasonna H. Laoly ditemui usai menerima penghargaan didampingi dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Andap Budhi Revianto. 

Untuk menunjang pengelolaan anggaran yang berkualitas dan bebas dari penyimpangan, lanjut Yasonna, Kemenkumham telah melakukan sejumlah langkah. 

“Aspek pertama yang Kemenkumham perkuat adalah dengan integritas dan kompetensi SDM pengelola keuangan. Hal itu bertujuan agar kualitas pelaksanaan anggarannya bagus,” ujar Yasonna. 

Terus berkoordinasi dengan Kemenkeu guna meningkatkan aspek-aspek kinerja anggaran, Yasonna mengatakan, pihaknya terus berharap pemberian penghargaan kinerja anggaran terbaik ini dapat mendorong semua K/L untuk mengelola APBN sesuai dengan peruntukannya demi Indonesia yang lebih maju dan makmur. 

Sebagai informasi, adapun penilaian terhadap kinerja anggaran K/L ini merupakan gabungan dari Evaluasi Kinerja Anggaran dan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran yang terdiri dari 3 aspek, yaitu kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran, serta ada 8 indikator. 

Kemenkumham mendapatkan penghargaan pada kategori pagu besar bersama Kemenkeu dan Kepolisian RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat