androidvodic.com

Lestari Moerdijat Dorong Penguatan Data UMKM  untuk Dukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional - News

News - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong penguatan pendataan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Lestari menyebut bahwa upaya untuk memutakhirkan data UMKM harus segera dituntaskan agar berbagai kebijakan untuk mengakselerasi pertumbuhannya bisa tepat sasaran. Menurutnya, hal ini merupakan faktor penting dalam mengakselerasi pertumbuhan sektor ekonomi nasional.

Karenanya, ia sangat berharap agar para pemangku kebijakan konsisten dalam menerapkan upaya percepatan pertumbuhan sektor UMKM.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Manfaatkan Ekonomi Digital untuk Topang Pertumbuhan Perekonomian Nasional

"Agar pengembangan sektor UMKM bisa diakselerasi dengan tepat, dibutuhkan data yang akurat dan mutakhir terkait kondisi UMKM yang bersangkutan," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/7/2023).

Dengan ketersediaan data base UMKM nasional yang lengkap dan mutakhir, ungkap Lestari yang akrab disapa Rerie, peluang sejumlah pihak untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan UMKM nasional pun akan terbuka.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem berharap semua pihak mampu memanfaatkan data UMKM nasional dengan sebaik-baiknya dalam mendukung sejumlah sektor ekonomi kerakyatan.

Dengan tata kelola yang lebih baik dalam pengembangan UMKM nasional, diharapkan sektor ekonomi rakyat tersebut mampu berkontribusi lebih luas lagi bagi peningkatan kinerja perekonomian nasional.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Kemudahan Pembiayaan UMKM Harus terus Ditingkatkan

Sebelumnya Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) sepakat menjalin kerja sama untuk memperkuat pendataan Koperasi dan UMKM (KUMKM) seluruh Indonesia Pada Rabu (12/7/2023).

Pada Maret 2021 lalu, data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta.

Seskemenkop-UKM menjelaskan, pada 2022, kegiatan pendataan koperasi dan UMKM sudah dilaksanakan pada 240 kabupaten/kota di 34 provinsi dan mendapatkan 9.1 juta data koperasi dan UMKM dengan kriteria nonpertanian dan menetap.(*)

Baca juga: Lestari Moerdijat: Butuh Konsistensi Cetak Wirausaha Muda untuk Wujudkan Indonesia Maju

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat