androidvodic.com

Dukung Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, Kemenhub Terima Hibah Tanah dari Pemprov Jambi - News

News - Kementerian Perhubungan menerima hibah berupa tanah seluas 120.000 M2 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. Penyerahan tanah tersebut ditandai dengan serah terima Sertifikat Hibah dari Gubernur Jambi Al Haris kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta pada Selasa (1/8).

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jambi atas hibah tanah yang berlokasi di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, yang pemanfaatannya akan digunakan oleh Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Nipah Panjang sebagai lokasi Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

“Terima kasih kepada Gubernur Jambi atas kesempatan yang diberikan kepada pusat untuk mengalokasikan pembangunan pelabuhan di Indonesia yang merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selanjutnya hibah tanah ini akan diproses sesuai peraturan yang berlaku untuk mendukung pengembangan daerah,” ujar Capt. Antoni.

Baca juga: Wujudkan Zero Accident, Ditjen Hubla Gelar Revalidasi dan Pengukuhan Marine Inspector

Pihaknya berharap melalui kerjasama ini akan memberikan nilai positif terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi khususnya yang berada di wilayah sekitar pelabuhan. Plt. Dirjen juga mengajak Pemerintah Daerah lain untuk menjalin sinergi dengan Ditjen Perhubungan Laut.

Lebih lanjut Capt. Antoni menjelaskan, secara geografis, wilayah perairan laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan bagian dari alur pelayaran kapal nasional dan internasional (ALKI I) dari utara ke selatan atau sebaliknya, sehingga daerah ini sangat potensial untuk berkembang.

Selain itu juga, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki berbagai komoditi unggulan yang memerlukan pelabuhan untuk mendistribusikannya ke daerah-daerah yang dapat dilalui dengan transportasi laut.

Baca juga: Beri Pelayanan Langsung, Kemenhub Selenggarakan Program Buku Pelaut Online Goes To Campus

“Mengingat begitu besarnya potensi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, maka keberadaan Pelabuhan Ujung Jabung ini dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah sehingga tercipta pelayanan transportasi laut yang saling terhubung dan memberikan efek yang positif terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” tutup Capt. Antoni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat