androidvodic.com

Fadel Muhammad Buka Musyawarah Besar I PPST-Perisai Putih di Gorontalo - News

News - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad secara resmi membuka Musyawarah Besar I Perguruan Pencak Silat Tradisional (PPST) Perisai Putih di Aula Yiladia Rumah Dinas Walikota Gorontalo, Minggu (22/10/2023). Fadel Muhammad beharap besar agar PPST Perisai Putih tidak hanya di wilayah Indonesia Timur tetapi dapat tumbuh dan berkembang ke seluruh wilayah lainnya.

"Saya menaruh harapan besar agar perguruan pencak silat tradisional Gorontalo ini bisa tumbuh dan berkembang dan nanti secara perlahan-lahan pengikut perguruan pencak silat tradisional ini semakin bertambah banyak karena merasakan manfaatnya," kata Fadel Muhammad.

Hadir dalam pembukaan Musyawarah Besar I PPST-Perisai Putih antara lain Sekda Pemerintah Kota Gorontalo Dr. Ir. H. Ismail Madjid, putra pendiri PPST-Perisai Putih Ronal Akbar Otuluwa, Guru Utama PPST-Perisai Putih K.H. Abdul Muin Mooduto, K.H. Rino Husein.

Baca juga: Fadel Muhammad Dorong Peran Lebih Besar Insinyur dalam Pembangunan

PPST-Perisai Putih, ungkap Fadel, memiliki banyak kelebihan dan manfaat karena pencak silat ini menggunakan tenaga dalam yang berhubungan dengan pernafasan. "Saya pernah mempelajari ilmu tenaga dalam ini, seperti Merpati Putih yang tidak berbeda jauh dengan Perisai Putih karena menggunakan teknik pernafasan," katanya.

Ia juga menambahkan, ilmu tenaga dalam yang menggunakan pernafasan sangat penting karena dapat  membantu seseorang terhindar dari penyakit stroke dan kardiovaskular.

"Kalau kita bisa mengatur dengan baik tenaga dalam dari pernafasan ini maka melancarkan oksigen yang mengalir ke kepala sehingga tubuh menjadi bugar dan dapat terhindar dari penyakit stroke. Saya bisa jamin," jelasnya.

Baca juga: Fadel Muhammad Bangga Persigo Lolos Ke PON XXI 2024

Oleh karena itu, Fadel Muhammad menyampaikan apresiasi kepada Guru Utama PPST-Perisai Putih ,K.H. Abdul Muin Mooduto yang telah memimpin perguruan pencak silat tradisional Gorontalo ini.

"Saya senang di Gorontalo ada pencak silat tradisional yang mengajarkan pernafasan ini. Pencak silat tradisional ini akan berkembang dan meluas karena mudah dipelajari dan sangat bermanfaat,

Saya menaruh harapan besar pada PPST-Perisai Putih ini karena punya nuansa tradisional yang tinggi. Pencak silat ini mengasah tenaga dalam. Jika tenaga dalam kita kuat maka fisik kita juga kuat. Dan, Insya Allah dengan kekuatan itu kita bisa melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dalam rangka pembangunan," kata mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Baca juga: Ingatkan Jaga Ukhuwah Islamiyah, Fadel Muhammad: Pendidikan Agama Adalah Dasar Pembentukan Akhlak

Ke depan, Fadel Muhammad berharap agar PPST-Perisai Putih juga bisa menjadi wadah kegiatan sosial yang bermanfaat bagi kesehatan individu, masyarakat, dan khalayak yang lebih luas lagi.

Usai pembukaan, Fadel Muhammad yang mengenakan pakaian putih berlambang Perisai Putih kemudian memperagakan tenaga dalam pencak silat tradisional ini.

Setelah turun dari panggung, tiga orang dipersiapkan untuk menyerang Fadel Muhammad. Ketika tiga orang mulai melakukan serangan, seketika Fadel Muhammad menghentakkan tangan dan mengeluarkan tenaga dalam lewat pernafasan. Ketiga orang tersebut terpental dan jatuh sebelum menyentuh tubuh Fadel Muhammad.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat