androidvodic.com

Lestari Moerdijat: Pengendalian DBD Butuh Kolaborasi Kuat Pemerintah dan Masyarakat - News

News - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kecepatan pencegahan dan penanganan kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayahnya guna menekan angka kematian akibat penyakit tersebut. Kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat dalam hal ini sangat diperlukan.

"Kecepatan penanganan kasus DBD salah satu kunci untuk meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian. Dibutuhkan penanganan yang menyeluruh menghadapi lonjakan kasus DB di sejumlah daerah di tanah air," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/3).

Hingga akhir Februari 2024, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat terdapat 16.000 kasus DBD di seluruh Indonesia dengan 124 kasus kematian.

Peningkatan kasus DBD disebabkan oleh vektor nyamuk DBD yang belum terkendali, masa pancaroba, dan masyarakat yang belum biasa menerapkan langkah 3M (mengubur, menguras dan menutup tempat penampungan air serta barang bekas).

Menurut Lestari, dalam menghadapi peningkatan kasus DBD di sejumlah daerah di tanah air dibutuhkan kesigapan dan dukungan dari kebijakan yang tepat. Ia juga meyakini siklus peningkatan kasus DBD yang terjadi sejatinya bisa diantisipasi dengan baik.

Pemerintah pusat dan daerah, ujar legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dengan konsisten mengajak masyarakat melakukan gerakan 3M dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, sosialisasi terkait gejala dan langkah antisipasi bila ada keluarga yang diduga terkena DBD juga harus masif dilakukan, sehingga pertolongan pertama dapat segera dilakukan dengan tepat.

Lebih dari itu, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap pemerintah melakukan kajian yang menyeluruh dalam upaya mengendalikan atau menghentikan penyebaran DBD di tanah air.(*)

Baca juga: Lestari Moerdijat: Pemerataan Pendidikan Harus Menjadi Perhatian Serius

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat