androidvodic.com

Kisah Porter di Kapal KM Kelud, Harus Berpacu dengan Waktu hingga Nyaris Kehilangan Penumpang - News

News - Matahari baru menunjukkan pukul 07.00 WIB saat kapal KM Kelud yang mengangkut pemudik, bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Minggu (31/3/2024) usai menempuh perjalanan 30 menit dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Usai tangga diturunkan, sejumlah orang mengenakan pakaian kemeja biru bertuliskan porter Pelni Batam lengkap dengan nomor punggung di belakang menaiki tangga kapal.

Porter merupakan pramuantar atau pramubarang yang mengandalkan jasa tenaganya untuk membawa barang milik orang lain. Pekerjaan porter bukanlah pekerjaan yang menjanjikan. Porter biasanya diupah secara sukarela, maupun dengan harga kesepakatan bersama.

Setiba di atas, para porter langsung menawarkan jasanya kepada para pemudik untuk membantu menurunkan barang pemudik yang turun di Pelabuhan tersebut.

Dari 1.414 pemudik, 891 orang termasuk 109 pemudik gratis turun dari kapal. Pemudik inilah yang menjadi harapan dari para porter untuk memperoleh rejeki.

Usai penumpang turun, KM Kelud tak langsung berlayar. Kapal yang dinakhodai oleh kapten Abdul Gaffar ini masih bersandar beberapa jam untuk menantikan 1.807 pemudik dari Batam yang akan berangkat menuju pelabuhan Belawan.

Saat panas matahari mulai terasa, terliihat belasan porter yang bekerja sedari kapal tiba kembali bekerja. Sejumlah barang yang ada di mobil dengan sigap diantarkan para porter ke atas kapal. Terlihat wajah-wajah para porter begitu antusias meskipun keringat sudah membasahi badan masing-masing.

Sebelum memasuki pukul 11.00 WIB, para porter telah selesai bekerja. Tampak beberapa orang porter menghitung hasil jerih payahnya masing-masing. Kapal pun berangkat sesuai jadwal menuju Tanjung Balai Karimun sebelum berangkat ke tujuan akhir, pelabuhan Belawan.

Baca juga: Kemenhub Tambah 10.000 Kuota Mudik Gratis Naik Bus di Angkutan Lebaran 2024

Sekira pukul 15.00 WIB, kapal berlabuh di Tanjung Balai Karimun. Di sini, kapal tidak bersandar, melainkan tetap di lautan. Sebanyak 375 pemudik yang turun di pulau ini dijemput menggunakan kapal berukuran kecil tipe 500, sebuah kapal yang kerap digunakan untuk eksibisi.

Saat kapal tersebut tiba, langsung menyesuaikan posisi ke samping kanan kapal KM Kelud.

Kapal tersebut lalu menempel ke badan kapal KM Kelud. Kemudian, tangga kapal diturunkan persis di sisi kanan kapal kecil tersebut.

Kapal pengangkut penumpang tersebut membawa pemudik yang akan berangkat ke pelabuhan Belawan, beserta dengan belasan porter. Porter dapat dibedakan dengan pakaian mereka yang khas, tak jauh berbeda dengan porter yang ada di pelabuhan Batu Apar.

Porter tersebut lalu bergegas naik ke atas secapat yang ia bisa, kemudian kembali menawarkan jasanya. Tak berselang lama, barang-barang pemudik mereka pindahkan ke kapal sebelah. Saat kapal sudah berisi penuh dengan penumpangnya, kapal bergerak menuju Tanjung Balai Karimun yang ditempuh dua puluhan menit.

Kemudian, kapal tersebut kembali lagi dengan membawa penumpang baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat