androidvodic.com

Terima Kunjungan, Wapres RI Dukung Keberlanjutan Kerja Sama Pelayanan Publik Indonesia-Azerbaijan - News

News - Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan Kepala Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Azerbaijan Ulvi Mehdiyev. 

Pertemuan tersebut diadakan guna mempertegas komitmen kedua negara untuk terus menjalin hubungan yang erat dan bekerja sama dalam berbagai bidang.

Sebagai Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional, Wapres Ma’ruf Amin menekankan perhatian khususnya terhadap peningkatan pelayanan publik. 

"Saya sangat menghargai upaya Yang Mulia Menteri yang senantiasa mendorong kerja sama antara Indonesia dan Azerbaijan di bidang pelayanan publik," ungkap Wapres Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (07/01/2024).

Dalam pertemuan ini, Wapres Ma’ruf Amin menyoroti adaptasi teknologi dan inovasi pelayanan terpadu Azerbaijan di Azerbaijani Service and Assessment Network (ASAN) Xidmat yang telah sukses diterapkan di Indonesia melalui Mal Pelayanan Publik (MPP)

Wapres Ma’ruf Amin berharap Azerbaijan dapat berbagi perkembangan terkait berbagai inovasi pelayanan publik yang dilakukan di negara mereka, yang mungkin dapat diadopsi oleh Indonesia di masa mendatang.

“Indonesia dan Azerbaijan memiliki kepentingan yang sama untuk menciptakan berbagai kemudahan penyelenggaraan pelayanan publik bagi masyarakat dan dunia usaha guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan investasi,” tegas Wapres Ma’ruf Amin.

Baca juga: Kementerian PANRB Dapat Penghargaan BerAKHLAK dari ESQ Ary Ginanjar

Salah satu contoh konkret dari kerja sama ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian PANRB dengan ASAN Service Azerbaijan, yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang pelayanan publik. 

"Saya telah menjalin hubungan yang baik dengan Azerbaijan sejak tahun 2014, hingga pada hari ini kita telah memperbarui MoU yang telah berjalan sejak tahun 2017," ujar Anas.

Anas turut menyampaikan apresiasi atas kunjungan Mehdiyev. Berlandaskan hubungan baik tersebut, Indonesia dan Azerbaijan telah menandatangani action plan untuk implementasi MoU antara Menteri PANRB dan Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Republik Azerbaijan untuk Kerja Sama Pemberian Pelayanan Publik yang Prima. 

Lebih lanjut, Kepala Badan Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Azerbaijan Ulvi Mehdiyev memaparkan bahwa ASAN Xidmat didirikan sejak 12 tahun lalu dan konsepnya telah mendapatkan penghargaan dua kali dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai MPP terbaik. 

"Konsep ASAN ini merupakan sebuah konsep satu pintu, di mana banyak pelayanan publik dilaksanakan di satu tempat. ASAN memberikan lebih dari 400 perusahaan publik di tempat yang sama, menyediakan lebih dari 100 jenis layanan publik," jelas Ulvi.

Hingga kini telah terbentuk 207 MPP di Indonesia yang sebagian diantaranya telah menerapkan MPP Digital. Keberadaan MPP di Indonesia diperkuat dengan Peraturan Presiden Nomor 89/2021 tentang Penyelenggaraan MPP. 

Baca juga: Menteri PANRB: Transformasi Digital Penting untuk Wujudkan Pelayanan Publik yang Terintegrasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat