androidvodic.com

Sambut HUT ke-497 Jakarta, Pemprov DKI Bawa Semangat Transformasi Menuju Kota Global - News

News – Dalam rangka menyambut HUT ke-497 Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menggelar beragam kegiatan menarik pada 22 Juni 2024 mendatang.

Dengan tema "Jakarta Kota Global, Berjuta Pesona", perayaan HUT tersebut akan merepresentasikan kemilau Jakarta pada masa transisi dari ibu kota negara menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global.

"Tema ini mencerminkan kesegaran dan semangat warga Jakarta terhadap perubahan yang terjadi di Jakarta," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata.

Ia menambahkan, perayaan ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi Kota Jakarta untuk menunjukkan transformasinya dari status Daerah Khusus Ibukota (DKI) menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta tahun ini ingin memberikan kesan dan semangat optimisme serta kebanggaan bagi warga Jakarta, demi mewujudkan kota global yang mampu bersaing di ajang internasional,” katanya.

Peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta akan diawali dengan upacara bendera di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Masyarakat pun diajak untuk ikut serta dalam upacara tersebut.

"Mari warga Jakarta, kita ramaikan upacara peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta dengan hati yang gembira dan suka cita,” ujar Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris dalam keterangan tertulisnya.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta yang akan dipimpin langsung Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tebar Diskon Tiket 20 Persen Spesial HUT ke-497 Jakarta, Ini Syarat Klaimnya

Dimeriahkan dengan beragam kegiatan menarik 

Deretan artis ternama akan memeriahkan puncak 'Malam Jaya Raya' di kawasan Monas. Beberapa musisi yang dijadwalkan manggung ialah Budi Doremi, Band Gigi, Cakra Khan, Sandhy Sandoro, Siti Badriah, Nella Kharisma, dan Band Wali. Selain itu, tampil pula ‘Keluarga Si Doel Anak Sekolahan’ seperti Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Mpok Ipeh, Suti Karno, serta Maryati Tohir.

Tak hanya itu, dari wahana permainan pasar malam, karnaval mobil hias, pertunjukan kembang api, fashion show, kehadiran Abang None Jakarta, hingga video mapping Monas bertema HUT ke-497 Kota Jakarta, juga akan dihadirkan. Seluruh rangkaian acara tersebut bisa disaksikan masyarakat secara gratis mulai pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Masih dalam rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta, Pemprov DKI juga akan menggelar lomba lari Jakarta International Marathon (JAKIM) pada Minggu (23/6/2024). Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono menyebut, kegiatan ini digelar untuk mendukung tujuan Jakarta sebagai kota global.

Acara ini ditargetkan mampu menarik 15.000 pelari, baik dari dalam maupun luar negeri, dengan total hadiah mencapai Rp 3 miliar. Khusus untuk peserta berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil memecahkan rekor maraton, Pemprov DKI jmenyediakan grand prize rumah.

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam Jakarta International Marathon, yaitu Marathon (42,195 kilometer), Half Marathon (21,0975 kilometer), dan 10 kilometer. Para peserta akan memulai lari dari Silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan berbagai pihak dalam menghadirkan beragam kegiatan menarik, sebagai rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta. Mari bersama kita meriahkan peringatan HUT Kota Jakarta 2024 dan dukung kota ini menjadi kota global,” tutur Joko.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Terapkan Formula Baru Insentif Fiskal Daerah untuk Pembayaran PBB-P2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat