androidvodic.com

Makanan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting: Susu, Daging hingga Telur - News

News - Protein hewani adalah instrumen gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil guna mencegah stunting pada anak.

Konsumsi bahan makanan protein hewani sebagai tindakan pencegah stunting sangat tepat, karena protein hewani mengandung asam amino lengkap termasuk asam amino esensial.

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi tubuh sendiri sehingga sepenuhnya harus didapatkan dari makanan.

Selain itu protein hewani mengandung mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan seperti seng (Zn) dan zat besi (Fe) serta mineral lain yang memiliki bioavailabilitas dan daya serap yang baik.

Pada umumnya, protein hewani mengandung lemak, sehingga juga mengandung energi tinggi dibandingkan dengan bahan makanan lain.

Protein hewani adalah salah satu zat gizi berupa protein yang berasal dari bahan makanan lauk hewani yang terdapat di sekitar kita, yakni:

1. Ikan

ilustrasi ikan nila
Ikan nila merupakan makanan tinggi protein untuk mencegah stunting

Baca juga: Harga Telur Melonjak, DPR: UMKM Bisa Terdampak, Ganggu Upaya Turunkan Angka Stunting

Misalnya berbagai jenis ikan baik dari ikan laut, sungai maupun tempat lainnya (kakap, gurami, kembung, nila, patin, lele, haruan/gabus dll), belut.

2. Telur

Berbagai jenis telur (ayam, bebek, puyuh, angsa dll).

3. Daging

Ayam, bebek, angsa, burung dan unggas lainnya, bisa berasal dari daging baik daging sapi, kambing, domba.

4. Susu dan produk olahannya

Selain pemberian protein hewani, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting pada anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat