androidvodic.com

Konsumsi Daging Kambing, Imbangi dengan Sayur dan Buah-buahan - News

News, JAKARTA - Hari ini menu dari daging kambing akan tersedia di meja makan. Belum lagi nanti malam jadi ajang barbeque massal di sudut-sudut kampung.

Prof DR Dr Ari Fahrial Syam SpPD memberikan beberapa tips mengonsumsi daging kambing, agar terhindar dari hal-hal negatif.

1. Dampak Langsung.

 Dari sisi pencernaan dampak langsung akibat mengonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit.

2. Imbangi dengan sayuran dan buah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang membuat usus ekstra berat untuk mengeluarkannya. Karena itu harus diimbangi oleh banyak minum dan konsumsi sayur-sayuran.

Selain untuk memperlancar buang air besar serat yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan akan mengurangi serapan kolesterol di usus halus.

3. Hati-hati Yang Punya Gerd

Jika Anda kebetulan mempunyai penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) yaitu penyakit dimana asam atau isi lambung balik arah ke atas kembali ke kekerongkongan, maka Gerd-nya akan bertambah parah setelah mengonsumsi daging kambing berlebihan.

4. Jangan Langsung Tidur

Setelah mengonsumsi daging jangan langsung tidur karena kekenyangan. Hal ini akan mencetuskan keluhan penyakit gerd-nya.

5. Waspadai Kolesterol

Efek jangka panjang berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah jika daging merah termasuk daging kambing ini dikonsumsi dalam jangka panjang.

Daging kambing termasuk juga daging sapi yang akan menjadi santapan utama hari raya Kurban sekali lagi mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan.

Namun jika jumlahnya berlebihan akan mengganggu kesehatan.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Artikel ini tayang di Wartakotalive dengan judul Lima Hal Seputar Mengonsumsi Daging Kambing, Imbangi dengan Sayuran dan Buah-buahan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat