androidvodic.com

Trik Aman Makan Mi Tanpa Takut Kolesterol Berlebih Ala Food Blogger Tirta Lie - News

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Feryanto Hadi

News, JAKARTA - Sosok Tirta Lie menjadi kondang lantaran ia punya kebiasaan unik sejak beberapa tahun silam. Ia seorang yang sudah berkeliling mencicipi ragam mi atau bakmi, khususnya di seputaran Jakarta.

Hampir seluruh bakmi yang ada di Kota Metropolitan ini telah ia rasakan dan dituangkan dalam sebuah buku berjudul 100+ Bakmi Terlezat di Jakarta.

Bahkan, ia pernah mencatatkan rekor MURI untuk kategori Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi Terbanyak.

Namun, sejatinya Tirta Lie paham kebiasaan memakan bakmi bisa berdampak kepada kesehatan apabila dilakukan tak terkontrol. Untuk itu, ia memperhatikan benar porsi makan.

"Tentu faktor kesehatan tak boleh dilupakan. Yang penting jangan berlebihan. Apalagi bakmi larinya kan ke kolesterol. Walaupun sekarang banyak bakmi sehat," ujar Tirta Lie kepada Warta Kota (News Network) di ajang Lunar Mie Festival with Tirta Lie di Atrium Plaza Blok M, Rabu (29/1/2020).

Tirta Lie menyebut, ada orang yang setiap hari makan bakmi karena memang suka.

Namun, jika bertemu dengan pecinta bakmi seperti itu, ia tidak segan untuk mengingatkan sekaligus memberi edukasi agar orang tersebut tidak jor-joran menyantap makanan kesukaannya tersebut.

Baca: 5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan: Bisa Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Kolesterol

Baca: 3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung untuk Pemilik Penyakit Jantung Keturunan, Mulai Jaga Makanan Sehat

"Saya suka ngumpulin orang (pecinta bakmi) dan memang ada yang tiap hari makan bakmi. Saya bilang, diimbangkan saja. Jangan berlebihan," ujarnya.

Sebagai penikmat bakmi, bahkan sudah mencicipi aneka topping bakmi dari ribuan penjual, Tirta mampu merasakan mana bakmi yang dibuat dengan benar dan mana yang dimasak ala kadarnya.

Lalu bagaimana bakmi yang enak menurut Tirta Lie?

Tirta Lie, penulis buku 100+ Bakmi Terlezat di Jakarta saat dijumpai Tribunnews di Festival Mie Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019)
Tirta Lie, penulis buku 100+ Bakmi Terlezat di Jakarta saat dijumpai Tribunnews di Festival Mie Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019) (News/Lita Febriani)

"Bakmie yang enak itu, yang bumbunya tepat, cara perebusan (teknik merebus) termasuk suhu, nyala api, berapa lama direbus dan harus paham karakter mienya. Dari panasnya air juga perlu. Kalau namanya topping-topping itu kan pelengkap. Kemudian terakhir tergantung selera lidah masing-masing sih," terangnya.

Dari Sarapan Tak Sengaja Jadi Bakmi Lover
Kesukaan Tirta Lie pada bakmi diakuinya tanpa kesengajaan.

Ia berkisah jika bakmi lover yang melekat pada dirinya berawal dari olahraga pagi yang dilakukannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat