androidvodic.com

Stres Pikirkan Covid-19, Awas Imbasnya Pada Kesehatan Kulit, Timbul Jerawat dan Eksim - News

News, JAKARTA -- Stres yang saat ini mulai banyak dikeluhkan masyarakat akibat virus corona (covid-19) juga bisa berakibat pada kesehatan kulit.

Dokter Spesialis kulit, dr. Lilik Norawati, Sp.KK, FINSDV, FAADV menyebutkan belakangan ia banyak menerima laporan terkait jerawat dan ada juga eksim pada kulit.

Eksim pada kulit ini bentuknya seperti memar warna merah yang biasanya muncul pada lipatan-lipatan kulit dan disertai dengan ketombe kulit.

"Kondisi kulit terkait stres adalah jerawat itu jelas banget kaitannya dan penyakit eksim tertentu yang dicetus oleh stres, ada semacam bercak kemerahan juga dilipatan senyum misalnya disertai ketombe," kata dr. Lilik saat webinar noroid, Selasa (12/5/2020).

Ilustrasi Jerawat
Ilustrasi Jerawat (Pixabay.com/Kjerstin_Michaela)

Kemudian eksim juga ada yang muncul pada bagian punggung kaki dan tangan yang tentunya menimbulkan rasa gatal yang semakin gatal kalau digaruk.

"Bercaknya ada di punggung kaki dan tangan juha bercak sangat gatal kalau digaruk ingin garuk lagi itu itu salah satu contoh eksim stres," ungkap dr. Liliek.

Biasanya dengan keluhan seperti ini, dokter menyarankan agar mencari kegiatan yang menyenangkan walaupun di rumah aja agar hormon endorfin meningkat untuk mengurangi stres.

Setelah mood membaik dan lebih relaks biasanya kondisi kulit akan kembali normal dan bercak kemerahan mulai mereda.

"Sebenarnya bisa dilihat dari beberapa hal harus punya kegiatan yang menyenangakn contohnya kalau senang yoga coba ikut yoga lewat panduan interner dari rumah yang meningfkatkan endorfin jadi happy, itu bisa jadi saran," pungkas dr. Liliek.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat