androidvodic.com

Apa Iya Penggunaan Masker Mampu Tonjolkan Daya Tarik? - News

News - Alih-alih mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan virus corona (covid-19), penggunaan masker kini menjadi bagian dari gaya hidup.

Sebab, penggunaan masker wajah juga dapat membuat kita terlihat lebih menarik di mata seseorang. Kok bisa?

Satu studi kecil yang dilakukan universitas di Pennsylvania, AS, baru-baru ini mengungkap orang yang memakai masker wajah dianggap lebih memiliki daya tarik.

Studi yang diberi nama "Beauty and the Mask" itu diadakan oleh Temple University's College of Public Health dan Center for Human Appearance di University of Pennsylvania's Perelman School of Medicine.

Baca: Wakil Ketua Fraksi PKS Komentari Foto RKTM di Nusa Dua Bali Tak Berjarak & Tak Pakai Masker

Dengan bantuan 500 peserta, 60 wajah diurutkan berdasarkan daya tarik.

Ismiyati (43), petugas penyapu memakai masker merah putih dan di ranselnya terpasang dua bendera kecil merah putih serta kertas karton bertuliskan ajakan menjaga kebersihan lawan Covid-19, menyapu membersihkan sampah di halte bus Damri, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Mengenakan atribut merah putih ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ismiyati (43), petugas penyapu memakai masker merah putih dan di ranselnya terpasang dua bendera kecil merah putih serta kertas karton bertuliskan ajakan menjaga kebersihan lawan Covid-19, menyapu membersihkan sampah di halte bus Damri, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Mengenakan atribut merah putih ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Studi ini menggunakan "kumpulan wajah pria dan wanita yang memiliki perbedaan ras," dengan mengambil sumber dari Chicago Face Database.

Baca: Jokowi: Tolong Betul-betul Ajakan Pakai dan Bagi-bagi Masker Dipercepat

Para peserta diminta untuk memberi peringkat wajah seseorang tanpa masker dan memasukkannya ke dalam kategori "tidak menarik", "rata-rata", atau "menarik".

Saat masker bedah ditambahkan ke wajah secara digital, peneliti melihat para peserta menaikkan peringkat daya tarik mereka "dalam jumlah signifikan secara statistik untuk wanita dan pria."

Wajah-wajah yang sebelumnya dikategorikan sebagai "tidak menarik" dilaporkan mengalami peningkatan paling besar, di angka 42 persen.

"Banyak orang percaya penampilan mata adalah salah satu pengaruh terkuat dalam penilaian daya tarik."

Demikian kata David B. Sarwer, dekan untuk penelitian dan direktur Center for Obesity Research and Education di Temple's College of Public Health.

"Studi ini menunjukkan aspek wajah bagian bawah, yang ditutupi oleh masker, juga berperan penting dalam persepsi daya tarik."

Studi tersebut juga menegaskan kembali bahwa wajah yang simetris dan seimbang adalah faktor kunci yang berperan dalam daya tarik.

Wajah yang memiliki fitur wajah "tidak harmonis" seperti hidung, rahang, leher, atau bibir memiliki peringkat daya tarik rendah.

Tetapi ketika hidung, rahang, leher, dan bibir ditutupi oleh masker, wajah seseorang menjadi lebih menarik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Orang yang Memakai Masker Terlihat Lebih Menarik, Kok Bisa?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat