androidvodic.com

Sunyi Bersuara, Inisiasi Perekrutan Orang dengan Disabilitas ke Dunia Kerja - News

 

News - Berkenaan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2020 pada 3 Desember, gerakan Sunyi Bersuara (Voice of the Silent) digaungkan untuk inklusivitas dan kesempatan yang setara di dunia kerja, khususnya bagi komunitas tuli

Inisiasi gerakan itu digalakkan restoran cepat saji Burger King dengan mempekerjakan penyandang disabilitas tersebut di sejumlah gerai mereka.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional, Diperingati Tiap 3 Desember, Berikut Sejarah hingga Tema Tahun 2020

Adapun Burger King Indonesia sudah mempekerjakan lebih dari 100 anggota kru tuli di seluruh toko di Bali, Makassar, dan Jakarta.

"Kami memulai proses perekrutan menjelang akhir 2018 yang menuntut kami untuk membangun prosedur ketenagakerjaan dan pelatihan dari awal, serta kami telah belajar banyak selama proses tersebut," tutur Frida Marpaung, Head of HR&CSR Burger King Indonesia dilansir Intisari.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional, Nadiem Makarim: Mari Hadirkan Pendidikan Inklusi

#SunyiBersuara
Dok. Burger King Indonesia
#SunyiBersuara "The Voice of The Silent"

Menariknya, menurut Vaibhav Punj CEO Burger King Indonesia, kehadiran anggota kru tuli telah meningkatkan kinerja secara signifikan.

Burger King menerbitkan tool-kit untuk memberikan panduan tentang mempekerjakan orang dengan disabilitas, yang berfokus pada empat langkah utama: pendidikan tentang berbagai jenis disablitias, memahami kebutuhan organisasi, menjangkau pihak-pihak terpilih yang dapat membantu dalam perekrutan hingga pelatihan, serta kontak untuk LSM dan pemangku kepentingan yang mendukung orang-orang dengan disabilitas.

Tool-kit tersebut dapat ditemukan di situs SunyiBersuara.id.

Baca juga: Presiden Minta Masyarakat Lebih Peka dan Peduli Terhadap Penyandang Disabilitas

"Membangun masa depan yang lebih baik dan masyarakat inklusif, bergantung pada tindakan kita hari ini. Jaringan kerja bisnis dan disabilitas di Indonesia adalah sekelompok perusahaan yang memiliki kesemaan pikiran guna mempromosikan ketenagakerjaan penyandang disabilitas," ujar Kazutoshi Chatani, Employment Specialist di ILO, Jakarta.

Gaung gerakan Sunyi Bersuara ini memanfaatkan momentum keberhasilan Burger King menyatukan rantai ritel makanan dan minuman di Indonesia.

Diketahui, upaya Burger King sempat menjadi topik hangat lantaran mengajak masyarakat membeli makanan dan minuman di sejumlah restoran yang tidak lain merupakan pesaingnya.

Melalui sebuah unggahan di media sosial, Burger King menyatakan unggahan tersebut ditujukan demi membantu para karyawan di restoran-restoran tersebut yang terdampak secara hebat oleh pandemi Covid-19.

Screenshot Instagram Burger King
Instagram Burger King
Screenshot Instagram Burger King

Unggahan tersebut menuai banyak apresiasi di kalangan warganet Indonesia.

Artikel Sudah Tayang di intisari.grid.id dengan judul "Sunyi Bersuara, Surat Terbuka Burger King Indonesia untuk Promosikam Perekrutan Orang dengan Disabilitas"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat