androidvodic.com

Praktis, Begini Cara Bersihkan Jamur dan Lumut di Dinding saat Musim Hujan! - News

News - Di saat musim hujan, dinding luar rumah kerap terpapar air sehingga rentan  membuatnya lembap dan basah. Kondisi ini memudahkan jamur dan lumut tumbuh pada permukaan dinding.

Dinding luar rumah yang lembap, berjamur dan berlumut tentu tak sedap dipandang, membuat cat mudah mengelupas, hingga menimbulkan aroma udara yang apek.

Tetapi, Anda tak perlu khawatir! Jika Anda menemukan jamur atau lumut pada dinding eksterior rumah, ada cara mudah dan simpel untuk membersihkannya. Cara tersebut juga dapat mencegah jamur dan lumut untuk tumbuh kembali dalam jangka panjang.

Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini!

Langkah #1: Semprotkan air cuka dan diamkan selama 12 jam

Pertama, semprotkan air cuka ke bagian dinding yang berjamur dan berlumut. Gunakan air cuka dengan perbandingan 1 cuka: 5 air. Setelah itu, diamkan bagian dinding tersebut selama 12 jam agar jamur dan lumut mudah meluruh.

Sebagai informasi, Anda dapat menggunakan fungicidal wash sebagai alternatif air cuka yang dapat ditemukan di pasar.

Langkah #2: Gosok atau sikat bagian yang telah disemprot

Berikutnya, gosok bagian dinding yang telah disemprot air cuka dan didiamkan 12 jam. Gunakan sikat dengan bulu kaku agar jamur dan lumut di dinding mudah meluruh. Hal ini bertujuan untuk merontokkan sisa-sisa lumut maupun jamur hingga hilang seluruhnya.

Jangan ragu untuk menyikatnya dengan keras, bahkan hingga cat dinding mengelupas. Anda akan membereskan masalah cat dinding mengelupas pada langkah lainnya.

Langkah #3: Kerik permukaan dinding hingga cat mengelupas seluruhnya

Kerik permukaan dinding dengan scraper atau kape dempul agar cat mengelupas secara merata. Tak perlu cemas bila Anda melihat permukaan dinding dengan bekas kerikan yang tampak kasar berlubang, atau rusak, sebab Anda akan menambalnya nanti.

Langkah #4: Ampelas permukaan dinding yang sudah mengelupas

Setelah selesai pengerikan, Anda perlu mengampelas permukaan dinding yang sudah dikerik hingga halus dan bersih. Ampelas secara merata dengan menggunakan ampelas kasar.

Langkah #5: Tambal dinding yang berlubang dengan semen putih

Usai diampelas hingga halus, saatnya menambal bagian dinding yang kasar, berlubang, tidak rata, ataupun rusak. Tambal dinding menggunakan semen putih hingga permukaan kembali rata. Biarkan tambalan hingga kering total.

Tambal dinding yang berlubang dengan semen putih
Gunakan cat waterproof saat mengecat rumah agar jamur dan lumut tidak tumbuh kembali. (Shuttertsock)

Langkah #6: Gunakan cat waterproof sebagai lapisan dasar

Usai tambalan dinding sudah kering dan merata, mengecat dinding dengan cat kedap air adalah ide yang bagus. Cat kedap air atau waterproof berfungsi sebagai lapisan dasar yang sangat penting untuk mengurangi kelembapan dan mencegah kembalinya jamur maupun lumut.

Setelah dinding selesai dicat dengan cat pelapis waterproof, tunggu hingga cat mengering sempurna.

Langkah #7: Lapisi dinding dengan warna cat yang sama seperti sebelumnya

Semua langkah di atas sudah dilakukan? Kini, waktunya Anda mengecat kembali dinding luar rumah sesuai dengan warna cat sebelumnya agar selaras secara keseluruhan.

Namun, pastikan Anda menggunakan jenis cat tembok eksterior rumah yang tahan terhadap jamur dan lumut agar tidak kembali tumbuh dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis cat berkualitas yang dapat digunakan adalah TOA Nanoshield dari TOA Paint.

TOA Nanoshield dari TOA Paint

TOA Nanoshield merupakan cat eksterior rumah dengan teknologi Nano Silicone yang yang dapat melindungi permukaan dari noda air, sehingga jamur dan lumut tidak dapat tumbuh pada permukaan cat.

Dengan teknologi Nano Silicone, TOA Nanoshield merupakan pilihan cat eksterior rumah yang tepat untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut dalam jangka panjang. Permukaan cat juga tidak akan menggelembung karena kelembaban dan mudah dibersihkan.

Terbuat dari 100 persen resin akrilik bermutu tinggi dan durabilitas cat hingga 10 tahun, TOA Nanoshield juga memiliki Hybrid Nano Technology yang membuat dinding terlindung dari air dan noda minyak dan membuat tampilan cat selalu terlihat bersih. Selain itu, teknologi Nano Guard-nya, cat ini dapat mencegah permukaan mengelupas.

Tidak hanya lumut dan jamur, teknologi Nano Shield dalam TOA Nanoshield juga membuat cat rumah Anda tahan terhadap sinar ultraviolet.

Kini, saat musim hujan, Anda tak perlu lagi cemas akan jamur dan lumut pada warna cantik dinding rumah Anda. Dengan Toa Nanoshield, rasakan keunggulan cat eksterior yang tahan terhadap segala cuaca ekstrem!

Penulis: Anniza Kemala/Editor: Bardjan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat