androidvodic.com

Tanaman Porang Jadi Komoditas Unggulan, Ini Manfaat dan Cara Budidaya Porang - News

News - Tanaman porang menjadi satu di antara komoditas unggulan di Indonesia yang bermanfaat.

Porang merupakan tanaman umbi-umbian dan termasuk dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume.

Tanaman ini dibudidayakan oleh para petani Indonesia dan bernilai ekonomi tinggi.

Hingga kini, porang telah diekspor ke berbagai negara.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit, Kaya Vitamin dan Dapat Mencegah Stroke

Diberitakan News, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk serius menggarap komoditas porang.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah meninjau pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur pada Kamis (19/8/2021).

"Saya tadi, sudah menyampaikan ke Mentan agar kita betul-betul seriusi komoditas baru ini, komoditas porang," kata Jokowi.

Jokowi berharap porang yang diekspor bukan dalam bentuk mentahan atau umbi melainkan hasil olahan sehingga menambah nilai ekonomi.

"Kita harap kita tidak ekspor porang dalam bentuk mentahan, tapi kita lihat di sini tadi sudah setengah jadi dalam bentuk tepung dan insya Allah tahun depan bisa barang jadi yaitu beras porang," ungkapnya.

Tanaman Porang.
Tanaman Porang. Dalam artikel terdapat manfaat dan cara budidaya tanaman porang yang menjadi satu di antara komoditas unggulan di Indonesia. (Kolase - Kementan- Sonora.Id/Dian Mega S (suryamalang.com))

Ia menambahkan, porang akan menjadi makan sehat masa depan karena rendah kalori dan rendah gula.

Porang bisa dijadikan tepung, beras ataupun makanan olahan lainnya.

"Pasarnya juga masih terbuka lebar dan kita tahu porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low calory, low carbo, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula, saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan," pungkasnya.

Diketahui, umbi porang mengandung zat glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman, sebagaimana dilansir sulsel.litbang.pertanian.go.id.

Porang juga diekspor ke luar negeri untuk kebutuhan bidang industri, kesehatan dan makanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat