androidvodic.com

Pembelajaran Tatap Muka, Psikolog Sarankan Orangtua Berikan Persiapan Mental pada Anak - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Pembelajaran tatap muka atau PTM sudah dilaksanakan sejak Senin (30/8 2021).

Selain membiasakan diri pada kebiasaan baru, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka

Di antaranya, menjaga fisik agar tetap sehat. Serta, menjalankan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjauhi kerumunan, serta menjaga jarak. 

Namun, Psikolog anak dan remaja, Novita Tandry mengatakan jika ada hal lain yang penting untuk dipersiapkan. Pertama yaitu melakukan aktifitas fisik yaitu berolahraga.

Baca juga: Sekolah Daring Munculkan Dampak Psikologi yang Tidak Baik Bagi Anak-Anak

Baca juga: Lansia Rentan Terserang Penyakit di Masa Pandemi, Ahli Psikologi Ungkap Lima Faktor Penyebabnya

Lalu selanjutnya adalah kesehatan mental. Sehungga, kata Novita, anak-anak dapat terproteksi dari luar mau pun dalam. 

PTM PELAJAR SMP KOTA TANGERANG - Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Senin (13/9/2021). Proses pembelajaran berlangsung lancar dan diawali dengan pemberian motivasi belajar dilanjutkan dengan materi pelajaran yang disertai dengan prokes yang ketat. PTM di Kota Tangetang, diikuti 40 sekolah SMP negeri maupun swasta dari total 200 SMP yang ada. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PTM PELAJAR SMP KOTA TANGERANG - Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Senin (13/9/2021). Proses pembelajaran berlangsung lancar dan diawali dengan pemberian motivasi belajar dilanjutkan dengan materi pelajaran yang disertai dengan prokes yang ketat. PTM di Kota Tangetang, diikuti 40 sekolah SMP negeri maupun swasta dari total 200 SMP yang ada. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Ia pun menambahkan jika yang paling utama sekali adalah menjaga mental anak. Jangan biarkan anak merasa terlalu takut berlebihan. 

Baca juga: Lima Trik Atasi Anak Susah Makan Sayur

"Nanti anak-anak akan memproduksi hormon kortisol. Hormon itu bikin capek dan lelah. Berbeda dengan dengan hormon endorfin, yang membuat anak bahagia,"ungkapnya pada acara Jurnal Obrolan Bunda Bijak di Radio Sonora FM, Sabtu (18/9/2021).

Oleh karena itu, Novita menyarankan agar orangtua tidak hanya memastikan anak-anak jalankan Prokes secara baik selama PTM.

Tapi, orangtua perlu tahu anak tidak dalam ketakutan atau kecemasan yang berlebihan.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat