androidvodic.com

Usia di Bawah 21 Tahun Tidak Boleh Minum Alkohol, Kenapa? Ini Alasannya - News

News - Minum alkohol bagi sebagian orang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Meski demikian, minum alkohol tetap ada aturannya.

Di Indonesia, batas usia boleh minum alkohol adalah di atas 21 tahun, seperti tertuang pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20/M-Dag/Per/4/2014 Pasal 15.

Kenapa usia di bawah 21 tahun tidak boleh mengonsumsi alkohol?

Seperti dikutip kompas.com, periode lain perubahan otak dinamis adalah masa remaja di usia 15-19 tahun.

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol saat remaja akan melukai organ hati.

Baca juga: Red Wine Menyehatkan, Tapi Ketahui Takaran Amannya

Para peneliti menjelaskan, binge drinking atau pesta minuman keras di masa remaja terkait dengan kasus penurunan volume otak.

Kebiasaan itu pun berdampak pada perkembangan materi putih otak yang buruk, dan kekurangan fungsi kognitif dalam ukuran kecil atau sedang.

Ferawati, owner Batavia Liquor, distributor minuman, menyarankan agar meminum minuman beralkohol secara bijak. 

"Yang paling penting, adalah sudah cukup usia. Untuk itu kami juga memastikan bahwa calon pembeli telah cukup umur, baik pembeli lewat media sosial maupun lewat marketplace,” tegas Ferawati, pemilik toko Batavia Liquor di Harco, Glodok Lt.3 D23 E10, Jl. Hayam Wuruk No.2-5, Mangga Besar, Kec. Taman Sari, 11180, Jakarta.

Ia juga menyarankan agar minum secara bertanggungjawab.

"Untuk pemula, bisa minum secara perlahan dengan kandungan yang ringan serta tak usah terburu-buru. Yang penting, kita bisa menikmatinya," lanjut dia.

Batavia Liquor, lanjut dia, memastikan seluruh produk minuman yang dijualnya sebagai online shop asli dan telah melewati izin edar. 

Sekarang Batavia Liquor telah memiliki sekitar 200 produk minuman baik impor maupun lokal. Dari ratusan pilihan minuman tersebut, dijamin bahwa seluruhnya asli.

Untuk memastikan bahwa produk minuman yang dibeli di Batavia Liquor bukan produk palsu, ada beberapa hal yang bisa dicek.

Pertama, toko online Batavia Liquor telah resmi dan memiliki izin untuk mendistribusikan minuman.

Kemudian, barang atau produk yang ditawarkan juga semuanya asli.

Selain memberikan jaminan produk asli, Batavia Liquor juga memberikan penawaran spesial dalam setiap pembelanjaan.

"Mulai dari promo bundling hingga bonus yang menarik. Kita juga tak perlu khawatir untuk pesan secara online, karena produk yang kita beli akan dikirim dengan packaging yang aman dan diasuransikan," terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat