androidvodic.com

Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Tiga Solusi yang Bisa Dilakukan - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Hasil survei menunjukkan, latihan fisik dan makan sehat sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap perbaikan yang terlihat pada kesehatan fisik dan mental.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, survei ini ditujukan untuk mengkaji dampak pandemi terhadap kesehatan mental dan fisik konsumen di Asia Pasifik selama setahun terakhir.

"Perlunya kesadaran tinggi terhadap peran penting dari berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, serta dukungan lingkungan dan komunitas dalam mencapai kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan," ungkapnya dalam Nutrition Talk secara virtual, Selasa (9/11/2021).

Untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, tiga solusi ini yang bisa dilakukan :

- Olahraga Secara Rutin

1. Melakukan olahraga minimal 150 menit dan dua kali latihan penguatan otot selama 1 minggu, misalnya, 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Baca juga: 9 Efek Olahraga Berlebihan bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Akibatkan Cedera Serius

Baca juga: Setelah Olahraga, Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan di 30 Menit Awal

• Latihan aerobik, seperti jalan cepat, berenang, atau jogging, meningkatkan kondisi kardiovaskular dan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

• Aktivitas penguatan otot, seperti angkat besi atau yoga, meningkatkan kekuatan, ukuran, kekuatan, dan daya tahan otot. Otot yang lebih kuat akan membantu menjaga kemampuan tubuh  melakukan tugas sehari-hari dan memperlambat laju pengeroposan tulang dan otot yang terkait dengan penuaan.

2. Membuat jadwal latihan untuk memantau perkembangan dengan memanfaatkan alat pelacak kebugaran.

3. Membuat tujuan kesehatan pribadi, ini bisa berupa tujuan harian, mingguan, atau bulanan tergantung pada frekuensi aktivitas pribadi, untuk membantu tetap fokus dalam mencapainya.

4. Memanfaatkan opsi latihan online, terutama jika kesulitan mengakses gym atau pergi ke luar.

- Mengonsumsi Makanan Sehat

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang, untuk mengikuti prinsip 40-30-30 mendapatkan 40 persen dari asupan kalori harian dari karbohidrat, 30 persen dari protein, dan 30 persen dari lemak bermanfaat, bersama dengan jumlah vitamin yang baik, mineral, cairan dan serat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat