androidvodic.com

Jangan Biasakan Menahan Pipis Karena Dapat Sebabkan Infeksi Saluran Kemih - News

News, JAKARTA - Siapa yang punya kebiasaan menahan buang air kecil?

Nampaknya kebiasaan tersebut harus segera dihentikan, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia menjelaskan kebiasaan menahan pipis berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih.

"Organ yang kandung kemih ini, dibuat tuhan luar biasa. Punya garis batas. Kaya ngisi air di termos, ada batas penuhnya. Kalau garis dilewatin luber. Nah pada kandungan kemih ada," ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM, dikutip, Minggu (21/11/2021).

Ketika terisi seperempat atau setengah kantung kemih akan mengirim sinyal ke otak. Lalu memberi perintah jika kantung kemih telah terisi.

"Kalau langsung otaknya nyuruh pipis akan ngompol di tempat. Untuk mencegah hal itu, otak memberikan instruksi bahwa otot-otot di sekitar alat kemih itu kencangkan sehingga bisa menahan pipis selama yang kita mau," katanya lagi.

Namun seiring berjalannya waktu, kantung kemih bisa makin penuh. Keinginan buang air kecil tambah menggebu-ngebu. Kalau tidak dituruti, lama-kelamaan kantung kemih tambah besar.

"Kalau tambah besar bisa pecah walaupun kasus ini sangatlah jarang," ucapnya. 

Buah Cranberry Diyakini Dapat Cegah Infeksi Saluran Kemi

Jika anda pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK), mungkin saja anda akan mencoba mengkonsumsi obat apapun untuk mencegah munculnya infeksi lainnya.

Perlu diketahui, infeksi ini merupakan salah satu infeksi bakteri klinis yang paling sering terjadi pada kaum perempuan.

Sekitar 50 hingga 60 persen perempuan mengalami infeksi ini sepanjang hidupnya.

Baca juga: Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil Bisa Memicu Infeksi Saluran Kemih

Dikutip dari laman Eat This, Rabu (16/6/2021), mengkonsumsi buah cranberry diyakini memiliki manfaat untuk menjaga saluran kemih anda agar tetap sehat.

Buah yang biasanya digunakan sebagai hiasan kue tart ini mengandung senyawa alami yang dapat membantu mencegah bakteri berbahaya menempel pada dinding saluran kemih.

Sehingga bisa mencegah infeksi dan rasa sakit yang ditimbulkan akibat kemunculannya.

Ada cukup data yang mendukung temuan ini, sehingga Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS) pun mengumumkan klaim kesehatan yang memenuhi syarat tentang suplemen cranberry.

Lembaga tersebut menyatakan bahwa mengkonsumsi 500 miligram suplemen cranberry setiap hari dapat membantu mengurangi risiko berulangnya infeksi saluran kemih pada perempuan dengan kondisi sehat.

FDA telah menyimpulkan bahwa ada bukti ilmiah terbatas yang mendukung klaim ini.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat