androidvodic.com

Tips Merawat Ketiak Agar Tetap Sehat dan Terawat - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Walau sering terlupakan, kulit ketiak punya peranan penting bagi tubuh setiap orang. 

Di antaranya berfungsi sebagai perlindungan tubuh bagian luar. Seperti trauma fisik, gesekan saat berjalan, dan mengeluarkan zat iritan dalam tubuh.

Oleh karenanya penting menjaga kesehatan kulit ketiak. Pertama dengan menjaga kebersihan tubuh. Apa lagi di Indonesia yang merupakan negara tropis, mandi dua kali cukup dibutuhkan. 

Kedua selalu mengenakan pakaian bersih dan diganti secara rutin, dua kali sehari. Pemilihan bahan sesuai kebutuhan sehari-hari dalam aktivitas pun juga penting. 

"Untuk area panas, gunakan pakaian yang menyerap keringat. Kalau pakaian basah, segera diganti karena dapat menjadi sumber bakteri," ungkap dr Nissya pada konferensi pers virtual peluncuran Nivea Brightening Range dan Superfood Deodorant, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Ketahui Risiko Mencabut atau Mencukur Bulu Ketiak

Ketiga adalah mencukur bulu ketiak. Menurut pemaparan dr Nissya, banyak kerugian dalam mencabut bulu ketiak, waxing, atau menggosoknya terlalu kencang. 

"Bagaimana bulu ketiak dibuang? Boleh dicukur tapi menggunakan elektrik, mengurangi tekanan di area ketiak. Kemudian gunakan pisau tajam, kalau tumpul membuat kita menekan lebih. sehingga menggerus kulit bagian atas," papar dr Nissya lagi. 

Lemak alami yang menjadi barrier atau pelindung kulit ketiak menjadi terkikis saat dicukur.

Oleh karena itu, Nissya menyarakan untuk menggunakan moisturizer sehingga kulit lembab dan basah. Sehingga mudah mencukur. 

Keempat, menjaga pola makan menjadi cara lain menjaga kesehatan kulit ketiak. Hindari kafein, makanan pedas dan bau menyengat. Kemudian lakukan perawatan ketiak rutin dengan skincare. 

"Contohnya moisturizer untuk mengurangi iritasi. Serta memperkuat barrier ketiak yang rusak. Atau mengoleskan krim yang menutrisi ketiak."

"Hindari mengandung iritan, alkohol berlebih, pengawet berlebih dan sebagainya," katanya menambahkan.

Kelima, jaga berat badan untuk menghindari over weight yang dapat memungkinkan kulit ketiak bewarna hitam. Jika ada infeksi berulang langsung konsultasikan ke dokter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat