androidvodic.com

Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam - News

News - Berikut ini doa menyembelih hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan setelah salat hari raya Idul Adha dan pada hari Tasyrik tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Sebelum menyembelih hewan kurban, wajib membaca doa dan menyebut nama Allah.

Penyembelih harus orang yang beragama Islam.

Letak penyembelih dan binatang kurban juga harus menghadapi kiblat.

Selengkapnya, simak doa menyembelih hewan kurban dan caranya berikut ini, dikutip dari Kemenag.

Baca juga: Khutbah Idul Adha di Pelataran Toserba Tokma Cibitung, Khatib Ingatkan Mencetak Generasi Soleh

Doa Menyembelih Hewan Kurban versi 1

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد. اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ.

Artinya:

"Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan orang muslimin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kelurganya. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji. Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (sebut nama orang yang berqurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu."

Baca juga: Ikuti Maklumat Muhammadiyah, Masjid Al Huda Pesanggarahan Gelar Salat Idul Adha Sabtu Pagi

Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha versi 2

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Bismillaahi wallahu akbar (Allahumma minka wa laka). Allahumma taqobal minnii.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat