androidvodic.com

Yessylia Violin dan John Richard Christopher Ikuti Ajang Meracik Kopi Tingkat Dunia - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Yessylia Violin dan John Richard Christopher dari Fugol Coffee Roasters menjadi pemenang di ajang Indonesia Barista Championship (IBC) 2022 dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBRC) 2022, yang merupakan bagian Indonesia Coffee Events (ICE) 2022.

Yessylia yang sempat mewakili Indonesia di World Coffee Events tahun 2018 kembali mewakili Indonesia berkompetisi di ajang internasional World Barista Championship.

Sementara John Richard Christopher akan mewakili Indonesia berkompetisi di ajang World Brewers Cup Championship 2022 yang akan diadakan bersamaan dengan World Barista Championship 2022 pada bulan September di ajang Melbourne International Coffee Expo.

Penyelenggaraan pelombaan ini dilakukan bersamaan dengan ajang Food & Hotel Indonesia 2022 di Jakarta International Expo (JIEXPO) belum lama ini.

Baca juga: BIC 2020 Lahirkan Barista Kreatif dan Berjiwa Entrepreneurship

Ketua Umum SCAI Daryanto Witarsa mengatakan, FHI  menjadi partner yang tepat untuk menyelenggarakan Indonesia Coffee Events (ICE) 2022 ke jenjang selanjutnya.

Harapannya World Coffee Events akan dapat dilaksanakan di Indonesia melalui dukungan kerjasama dengan FHI.

“ICE merupakan event bergengsi tahunan oleh SCAI yang melambangkan puncak indutri hilir dunia kopi di Indonesia. Kami bercita-cita untuk membawa ICE naik ke level internasional, oleh karena itu kami mengadakan ajang ICE tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan FHI 2022,” tutur Daryanto dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Selama FHI 2022 digelar 2 kompetisi kopi dalam gelaran ICE yakni Indonesia Barista Championship (IBC) 2022 dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBRC) 2022.

Selain kompetisi, SCAI juga menghadirkan Coffee Village yakni sebuah area all-star experience bar yang mewajibkan seluruh peserta kompetisi untuk menyajikan kopi ke pengunjung. Tujuannya agar pengunjung bisa menikmati langsung kopi yang disajikan oleh peserta kompetisi.

“Kami rasa dengan hadir di FHI 2022 dapat mendukung kebangkitan dan mengembalikan gairah industri kopi kembali setelah pandemik, meningkatkan konsumsi lokal, dan lahirnya juara yang dapat meningkatkan level industri secara keseluruhan,“ imbuhnya.

Selama FHI 2022 diadakan pula kompetisi Jakarta Best Sommelier 2022 oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) Chapter Jakarta yang dimenangkan oleh Puji Harjanto dari Cork & Screw, disusul oleh Teguh Alexander dari Osteria GIA yang menjadi juara ke-2 dan Amal Maruta from Bistecca Jakarta pada posisi juara ke-3.

Di sisi lain, Indonesia Pastry Alliance (IPA) juga mengadakan beberapa kompetisi Pastry and Baking, antara lain Modern ala Carte Plated Dessert, Cake Shop Challenge, Dress the Cake Inclusive, UMKM Pastry Challenge, dan Junior Bakery Challenge.

Juga Modern ala Carte Plated Dessert dimenangkan oleh Beau Bakery yang juga menjadi juara ke-3 di kompetisi Cake Shop Challenge, dimana Artisan Kulinary Group yang menjadi juara pertama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat