androidvodic.com

Tamu Saat Panggih Pengantin Pernikahan Kaesang dan Erina Akan Disuguhi Jamu dan Menu Ala Sultan - News

News, YOGYA - Tamu yang datang saat upacara panggih pengantin, salah satu prosesi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono akan mencicipi menu ala Sultan.

Menu masakan tradisional Indonesia dipilih dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Baca juga: Jelang Nikah, Hari Ini Kaesang dan Erina Akan Jalani Prosesi Siraman dan Adat Pasang Bleketepe

Diketahui, Kaesang dan Erina Gudono akan menikah pada Sabtu (10/12/2022) besok di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Mempelai bakal menjalani proses ngunduh mantu di Solo pada Minggu (11/12/2022) di Loji Gandrung, dan mengadakan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

General Manager (GM) Royal Ambarrukmo Herman Courbois mengatakan, sejumlah menu tradisional itu yang biasa dihidangkan oleh Raja Yogyakarta dari Sri Sultan Hamengku Buwono II sampai Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Baca juga: Tinjau Venue Upacara Panggih Pengantin, Luhut Titipkan Pesan ini kepada GM Royal Ambarrukmo

"Menunya boleh saya katakan menjadi Indonesian tradisional dari Hamengku Buwono II sampai VII, tapi menu asli nanti setelah acara saya baru boleh ceritakan. So kita harus nunggu hari H-nya, tapi menu sudah diketok," kata Herman, di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (8/12/2022).

Herman menjelaskan, ada empat menu yang dipilih pihak keluarga.

"Sudah disetujui. Total menjadi 4 macam menu. Semua tradisional. Minuman juga tradisional,"sambungnya. 

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengatakan persiapan pernikahan Kaesang dan Erina kurang lebih sudah 85 persen.
General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengatakan persiapan pernikahan Kaesang dan Erina kurang lebih sudah 85 persen. (Kolase tribunjogja.com)

"Semua tradisional, minuman juga tradisional. Kan kalian tahu namanya Royal Ambarrukmo selalu punya package tersendiri, kemarin sudah diceritakan, dan itu ambil dari sekitar itu," ujarnya.

Alasan memilih menu tradisional, menurut Herman ada kaitannya dengan tempat pelaksanaan proses akad nikah yakni di pendopo agung Royal Ambarrukmo.

Menurut dia, alasan menu tradisional dipilih karena menyesuaikan adat yang digunakan untuk pernikahan.

Terlebih Pendopo Royal Ambarrukmo yang digunakan merupakan tempat yang pernah ditinggali oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII. 

Baca juga: Menu Tradisional Kemungkinan Jadi Pilihan Sajian di Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

"Karena, ya, balik lagi mungkin tempatnya juga sangat agung ya, dan memang ini dulunya kediaman Hamengku Buwono VII, so, berdasarkan itu mungkin mereka milih menu," ujarnya.

Menu itu disediakan menyesuaikan tamu undangan akad nikah Kaesang-Erina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat