androidvodic.com

Rasa Bahagia di Sekolah Tingkatkan Motivasi Belajar, Matematika Pun Terasa Mudah - News

Laporan Wartawan Tribunnnews.com, Anita K Wardhani

News, JAKARTA - Hasil survei menunjukkan jika rasa bahagia bisa memotivasi anak untuk belajar.

Dari survei pendapat para guru yang mengatakan bahwa 80 persen dari total anak yang tergabung dalam pilot program menunjukkan peningkatan motivasi untuk belajar.

Riset ini dilakukan dalam rangkaian program The Happiness Project, Wall’s, brand es krim milik Unilever.

Baca juga: Bisa Tingkatkan Mood, Bolehkah Konsumsi Es Krim Tiap Hari?

Tujuannya ingin menjangkau lebih banyak anak-anak di setiap sudut dunia untuk dapat mengerti mengenai makna kebahagiaan sesungguhnya.
Rasa bahagia itu bisa digapai dengan musah. Salah satunya dengan es krim.

Es krim telah terbukti secara ilmiah memicu respons di otak yang menghasilkan perasaan bahagia.

Pada perayaan International Day of Happiness, dengan misi untuk menebarkan kebahagiaan di dunia, Wall's mengumumkan aspirasi untuk menargetkan 3 juta anak untuk ikut meramaikan The Happiness Project.

Setelah berkolaborasi dan melakukan riset bersama Project Everyone, ditemukan bahwa 69 persen dari total responden anak tidak merasa bahagia karena rasa kesepian.

Riset yang Wall’s lakukan juga menunjukkan 90 persen anak dan orang dewasa di seluruh dunia setuju bahwa edukasi mengenai kebahagiaan di sekolah sama pentingnya dengan pelajaran formal, seperti matematika.

Motivationslyftet, Organisasi yang memperkenalkan The Happiness Project di sekolah-sekolah Swedia mengatakan jika visi dari Motivationslyftet sendiri adalah membangun sekolah yang holistik — anak-anak dan remaja tidak hanya memperoleh pengetahuan akademik tetapi juga dilatih untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan di masa depan sambil tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental.

Program ini lahir di tengah pandemi yang memengaruhi kebahagiaan anak-anak dengan tujuan mengingatkan kembali pentingnya rasa nyaman dan juga bahagia sebagai bagian dari pembelajaran sosial dan emosional.

Dalam setahun terakhir, sebanyak 135.000 anak di Indonesia, Pakistan dan Turki telah mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari The Happiness Project sebelum resmi diluncurkan di berbagai negara lain.

Saat ini, Wall’s dan Project Everyone akan membawa kebahagiaan yang serupa kepada sekolah-sekolah di kawasan Eropa - seperti Jerman, Swedia, Asia Tenggara dengan memberikan edukasi pentingnya memahami arti kebahagiaan sejak dini.

Program ini diharapkan akan mendampingi anak-anak dalam pengembangan kapasitas diri yang dapat membantu mereka agar menjalani hidup dengan lebih bahagia.
The Happiness Project telah mendapat dukungan dari berbagai ilmuwan ahli untuk memberi edukasi yang lebih luas tentang kebahagiaan ke banyak sekolah di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat