androidvodic.com

Libur Lebaran Selesai, Atasi Post-Holiday Blues Kamu Sesuai Saran Psikolog Ini - News

News - Momen libur lebaran telah usai, saatnya kembali menjalani rutinitas harian. Namun, alih-alih bersemangat setelah menikmati libur panjang dengan berbagai kegiatan menyenangkan, apakah kamu sebaliknya merasa kurang motivasi? 

Mungkin saja kamu sedang mengalami sindrom ‘Post-Holiday Blues’. Dilansir dari Kompas.com, National Alliance on Mental Illness (NAMI) menyebut bahwa Post-Holiday Blues adalah perasaan cemas dan stres yang muncul usai masa liburan. 

Menurut Psikoterapis asal Amerika Serikat Gina Moffa, perasaan ini umumnya muncul selama beberapa hari ketika kita kembali menjalankan rutinitas sehari-hari.

Akan tetapi, dampak dari Post-Holiday Blues ini bisa berlanjut dalam jangka panjang, karena selain memengaruhi suasana hati, juga dapat menurunkan produktivitas dan bahkan menimbulkan perasaan cemas serta depresi.

Terlebih lagi, menurut Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga dari RS Khusus Bedah Colombia Asia Pulomas, Feka Angge Pramita, sindrom Post-Holiday Blues ini bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bagi orang dewasa, mereka umumnya akan merasa tidak termotivasi untuk kembali bekerja. Ia pun menjelaskan bahwa sindrom ini terjadi akibat rutinitas yang berubah. 

Post-Holiday Blues disebabkan oleh perubahan atau adaptasi yang dirasakan otak kita ketika adanya rutinitas yang berubah,” sebut Feka dalam webinar bertajuk ‘Cegah dan Atasi Sindrom Pasca Liburan Pada Anak’.

“Ketika mempersiapkan liburan atau sedang liburan, akan muncul hormon-hormon yang membuat kita bersemangat dan memicu adrenalin. Ketika selesai liburan, itu yang membuat kita enggan untuk beralih dan bahkan merasa sedih, karena perubahannya cukup tiba-tiba,” jelasnya. 

Cara mengatasi Post-Holiday Blues

Mungkin kamu merasa khawatir kondisi ini akan terus berlarut dan sulit untuk kembali produktif. Lakukan lima cara berikut untuk mengatasi sindrom Post-Holiday Blues agar kamu kembali bersemangat bekerja lagi usai libur lebaran. 

Pertama-tama, terapkan pola hidup sehat dengan catering healthy go, karena biasanya ketika libur Lebaran kita kerap lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang akhirnya menimbulkan rasa cemas dan stres dari Post-Holiday Blues. Jangan lupa, lengkapi dengan suplemen seperti Blackmores, Wellness, dan Nature’s Plus, yang bisa diperoleh di Blibli dengan opsi pembayaran omnichannel yang lengkap dan pasti diantar tepat waktu. 

Kedua, luangkan waktu untuk berolahraga sebelum atau sesudah bekerja dengan peralatan sport misalnya raket Yonex untuk yang hobi bulu tangkis ataupun treadmill baru untuk jogging di rumah. Tidur yang cukup dan berkualitas juga tak kalah penting. 

Agar tetap produktif, ketiga, kamu juga bisa menyesuaikan kembali jadwal kerja dengan membuat to-do list di agenda digital. Kamu bisa membereskan pekerjaan yang menumpuk sekaligus atur jadwal dengan tab canggih Samsung Galaxy A7. 

Keempat, lingkungan kerja yang didesain dengan rapi dan nyaman dapat meningkatkan produktivitas dan suasana positif, lho. Yuk mulai menyusun kembali berkas maupun barang-barang di meja kerja dengan lemari kaca panjang dari iFurnholic. Dekorasi ulang juga meja dengan perlengkapan baru, mulai dari kursi kerja yang nyaman dilengkapi set Epson printer.  

Siapkan self reward untuk memotivasi diri

Kelima, kamu harus tetap memotivasi diri meski liburan telah usai dengan memberikan self reward kecil-kecilan agar kamu tetap semangat menjalani rutinitas.

Pijat refleksi jadi salah satu hadiah berharga buat diri sendiri. Selain membuat tubuh lebih rileks, pijat refleksi juga bisa melepaskan energi negatif dalam pikiran. Enggak perlu repot, kamu bisa nikmati pijat dengan layanan home service cukup 60 menit saja. 

Blibli Double Day 5.5
Blibli Double Day 5.5

Daripada galau, yuk cek Blibli Double Day 5.5 yang berlangsung 3-5 Mei 2023! Pastinya, kamu bakal lebih puas belanja dengan berbagai promo diskon dan penawaran menarik dari berbagai brand ternama lewat promo Brand Deals up to 90 persen , juga cashback hingga Rp1 juta dan gratis ongkir tanpa minimum belanja. 

Selain itu untuk produk sehari-hari, ada 15 titik warehouse Blibli di seluruh Indonesia dan armada BES Paket Blibli yang siap melayani dan mengatarkan pesanan kamu dengan fitur 2 Jam Sampai.

Yuk, bikin mood happy setelah liburan dengan check-out produk yang sudah ada di Bag Blibli!

Penulis: Nurfina Fitri | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat