androidvodic.com

Agnes Linggar Budhisurya Raih Penghargaan MURI, Pelopor Melukis Bebas di Atas Kain - News

News, JAKARTA - Perancang busana pertama yang melukis bebas di atas kain, Agnes Linggar Budhisurya menerima penghargaan dari Museum Rekor- Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI tersebut diberikan di Balairung Kemenparekraf RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 30 Mei 2023.

Penghargaan diberikan langsung oleh Mentri Sandiaga Uno, Ayla Jaya Suprana dan Jaya Suprana. Penghargaan ini diberikan oleh MURI sebagai trendsetter di dunia fashion designer.

Baca juga: Mengenal Hanae Mori, Perancang Busana Terkenal dari Jepang yang Meninggal di Usia 96 Tahun

”Menurut Muri, Ibu Agnes itu harus dan wajib hukumnya untuk dihargai sebagai pelopor fashion yang konsisten dengan melukis di atas bahan-bahan kain. Lukisan beliau sangat bagus sekali, bukan asal-asalan. Tapi betul-betul artistik. Beliau juga konsisten sejak muda sampai sekarang di usia sangat senior tetap tidak beralih dari fashion dengan bahan yang dilukis oleh beliau sendiri,” ujar Ayla Jaya Suprana, Direktur Utama MURI, sesaat setelah penganugerahan, dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Menurutnya, Agnes Budhisurya menjadi inspiras banyak seniman muda lainnya yang juga tergerak untuk membuat karya yang bahannya dilukis oleh mereka sendiri.

“Jadi ibu agnes ini menginsirasi banyak seniman-seniman lukis dan fashion lainnya,” tambah Ayla.

Agnes bersyukur dengan anugerah yang diterimanya. Menurut Agnes, penghargaan MURI ini sebagai bentuk pengakuan atas karya yang sudah dilakukannya selama lebih dari 50 tahun.

“Karya yang diterima oleh masyarakat, dan pengakuan seperti ini tentu menjadi kebanggan tersendiri. Dan saya bangga nama saya tercatat sebagai salah satu penerima anugerah dari MURI,” ujar Agnes.

Turut mendampingi Agnes, sang suami, Teddy Budhisurya, beserta anak-anaknya.

Tahun 2023 ini menjadi saksi perjalanan Agnes Budhisurya selama berkarya di bidang kreatif merancang busana.

Teknik lukis pada kain ini diaplikasikan pada karya-karya didesainnya supaya ada ciri khas yang melekat pada setiap karyanya.

“Melukis pada kain itu merupakan sentuhan pribadi yang tidak mudah untuk ditiru oleh perancang lain. Ini juga ciri khas yang unik pada setiap rancangan saya,” jelas Agnes.

Melukis bebas pada kain ini sudah diaplikasikan Agnes sejak muda.

Keahliannya ini menjadi spesialisasi langka, karena di samping keahlian membuat busana model klasik, ia membuat gaun dari kain yang ia lukis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat