androidvodic.com

Dokter Spesialis Kejiwaan: Membangun Kepercayaan dalam Hubungan Bakal Cegah Perselingkuhan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, dokter Nindya Nisita Sp. KJ., mengungkapkan membangun kepercayaan dalam hubungan dapat mencegah perselingkuhan.

Nindya mengungkapkan membangun kepercayaan dapat dimulai dari menanamkan rasa kepercayaan kepada diri sendiri terlebih dahulu.

"Percaya diri sendiri adalah fondasi. Jika fondasi sudah kokoh, kita akan lebih mudah membangun kepercayaan kepada pasangan dan lingkungannya di atasnya," ujar Nindya dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2023).

Baca juga: Billy Syahputra Ogah Tanggapi Isu Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett

Pada dasarnya setiap individu memiliki kebutuhan mental yang berbeda-beda.

Dirinya mengungkapkan terdapat kemungkinan kebutuhan mental dari satu individu jauh berbeda dengan pasangannya.

"Secara ideal, kita harus memahami terlebih dahulu akan kebutuhan mental dengan ‘mindful’, yakni menyadari penuh pikiran, perasaan dan perilaku kita sendiri," ujar dokter di Siloam Hospital Mampang itu.

"Setelah personal diri kita mampu secara 'mindful' terhadap kebutuhan mental kita, akan lebih mudah kita memahami kebutuhan mental pasangan", tambah Nindya.

Bila ada kebutuhan mental yang tidak bisa dipenuhi pasangan, Nindya mengatakan idealnya pasangan dapat mengolah dengan cara yang adaptif.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan banyak orang mengolah hal tersebut dengan cara maladaptif yaitu berselingkuh.

"Bila berhadapan dengan konflik, konsep menerima dan mengalah perlu dilakukan secara bijak yang merupakan titik tengah antara ‘rational mind’ dan ‘emotional mind’ dalam pikiran setiap manusia," pungkas Nindya.

Membangun kepercayaan, kata Nindya butuh waktu, butuh kerja sama dan kerja keras. Hal yang utama adalah komunikasi.

Dalam membangun kepercayaan, perilaku menunjukkan rasa sayang dan kepedulian akan lebih bermakna dibandingkan perkataan saja.

--

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat