androidvodic.com

Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu? Ketahui Faktanya! - News

News - Susu kental manis merupakan salah satu bahan serbaguna yang sering kali dikombinasikan dengan berbagai kreasi menu sarapan. Dengan perpaduan cita rasa yang manis, gurih dan nikmat, tentu penambahan susu kental manis dapat memperkaya rasa dari kreasi menu sarapan yang dibuat. 

Meski manfaat susu kental manis sebagai bahan serbaguna sudah dikenal oleh masyarakat luas, ternyata tidak sedikit orang yang masih menganggap bahwa susu kental manis bukan susu. Lalu, benarkah anggapan susu kental manis bukan susu yang beredar di masyarakat tersebut merupakan hal yang tepat?

Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa produk susu kental manis mengandung susu dan termasuk dalam kategori susu.

Merujuk Peraturan Kepala (Perka) BPOM 21/2016 dan Codex Alimentarius Commission (CAC), susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Maka dari itu, melihat fakta tersebut, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu kurang tepat! Kamu juga tidak perlu khawatir untuk mengombinasikan berbagai kreasi menu sarapan dengan bahan serbaguna yang satu ini.

Terlebih, sarapan merupakan asupan penting yang menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas seharian. Melansir dari Kompas.id, mengonsumsi sarapan dapat memberikan energi untuk beraktivitas, meningkatkan metabolisme tubuh, lebih bersemangat, dapat menjaga berat badan, dan berkontribusi pada kesejahteraan pribadi. 

Sebaliknya, seseorang yang melewatkan sarapan umumnya jadi mudah lemas dan sulit fokus, contohnya anak sulit konsentrasi ketika belajar di sekolah atau orang yang sudah bekerja akan sulit fokus saat mengikuti rapat.

Untuk itu, jangan sampai kamu melewatkan sarapan. Apalagi, saat ini juga banyak menu sarapan yang mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Kamu juga bisa menambahkan susu kental manis untuk memperkaya cita rasa pada  menu sarapan buatanmu.

Kandungan dan manfaat susu kental manis

Tak hanya dapat menambah kenikmatan dari berbagai resep kuliner, dalam setiap sachet susu kental manis juga terdapat kalori berjumlah rata-rata 130 kkal, yang dilengkapi dengan zat gizi makro dan mikro, serta sumber 9 Vitamin  dan Mineral.

Dengan kandungan susu kental manis tersebut, kombinasi menu sarapan dengan produk susu ini dapat bermanfaat untuk menambah kecukupan kalori harian. Namun, penting untuk diingat, susu kental manis bukanlah satu-satunya sumber nutrisi, sehingga kamu tetap perlu untuk mengonsumsi variasi makanan lain untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Selain itu, karena mudah didapatkan di mana saja dan dengan harga yang terjangkau, bahan pelengkap yang serbaguna ini juga mudah diolah dan bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, termasuk dijadikan sebagai campuran bahan ataupun topping pada setiap kreasi menu sarapan yang kamu buat. 

Resep kreasi menu sarapan unik dengan susu kental manis

Agar sarapan tidak membosankan, yuk coba buat beberapa kreasi resep menu sarapan dengan susu kental manis berikut ini!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat