androidvodic.com

Hadapi Era Digital, Kemampuan Coding Harus Dimiliki Sejak Usia Dini - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Perkembangan teknologi digital mendorong kemampuan coding harus dimiliki sejak anak-anak.

Coding adalah kemampuan menulis sekumpulan kode dalam bahasa pemograman.

Kegiatan pengenalan coding kepada anak-anak dilakukan pada acara “Coding For Kids” yang digelar PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE Solution) di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang.

"Dengan mempelajari coding sejak dini, anak-anak jadi mampu untuk memahami bagaimana teknologi di sekitar mereka bisa beroperasi," ujar penanggung jawab acara, Mustika Rengganingrum, melalui keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Acara ini diisi dengan pengenalan coding melalui games interaktif untuk anak–anak. Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar coding melalui metode belajar sambil bermain.

Mustika mengatakan pentingnya memahami dunia digital sejak usia dini memberikan banyak manfaat pada pembentukan pola pikir anak

"Coding bukan sekadar keterampilan psikomotorik saja, tetapi terkait dengan cara berpikir yang dikenal sebagai computational thinking atau algorithmic problem solving skill yang memungkinkan anak mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan problem-solving," tutur Mustika.  

Pada acara yang dihadiri kurang lebih 50 peserta ini, anak–anak diajarkan cara untuk mengoperasikan beberapa game melalui pengenalan konsep dasar coding.

Baca juga: Ekosistemnya Tumbuh Pesat, 70 Persen Aplikasi Bisnis Diprediksi Tak Pakai Coding di 2025

"Kami yakin bahwa investasi dalam literasi digital anak-anak adalah langkah yang sangat penting. Semoga acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga menginspirasi anak-anak untuk menjelajahi dunia teknologi dengan penuh semangat," pungkas Mustika. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat