androidvodic.com

4 Cara Ekspresikan Cinta pada Diri Sendiri di Hari Kasih Sayang - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Hari ini, 14 Februari merupakan peringatan Hari Kasih Sayang, atau Valentine's Day.

Perayaan ini sering diidentikkan dengan momen romantis bersama pasangan namun, pernahkah kita berpikir untuk merayakan cinta pada diri sendiri di hari yang istimewa ini?

Mencintai diri sendiri atau self love tidak selalu terlihat menyedihkan, namun memberikan banyak manfaat terhadap diri kita. Dan momen Hari Kasih Sayang ini jadi waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Mengapa diri sendiri juga pantas dirayakan pada Hari Kasih Sayang?

Hari Kasih sayang merupakan kesempatan untuk menyelami kedalaman cinta pada diri sendiri, sebuah bentuk penghargaan pada perjalanan hidup yang telah kita tempuh.

Jawabannya sederhana, sebelum kita bisa memberikan cinta yang sejati pada orang lain, kita perlu membangun fondasi cinta yang kuat pada diri sendiri. Ini bukan egoisme, melainkan bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan mental dan emosional kita.

Mengutip Brain & Behavior Research Foundation, self love artinya penghargaan terhadap diri sendiri dengan tindakan yang mendukung untuk kebaikan psikologis dan spiritual.

Namun, self love berarti tidak mengorbankan diri menyenangkan orang lain karena mencintai diri sendiri bisa diartikan berbeda sebab setiap orang memiliki cara dalam membahagiakan diri sendiri.

Self love bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan.

Self love mengharuskan kita untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Selain itu juga merupakan aspek penting dari kesehatan mental.

Baca juga: Sejarah Hari Valentine dan Asal Usul Penetapan 14 Februari Sebagai Hari Kasih Sayang

Dikutip dari The Wellness Corner, mencintai diri sendiri memberikan manfaat seperti mengurangi stres, kecemasan dan bisa mempengaruhi cara seseorang menangani tantangan hidup.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengekspresikan cinta pada diri sendiri yang bisa kalian lakukan.

1. Lakukan apa yang menjadi hobby kamu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat