androidvodic.com

5 Makanan Khas Indonesia yang Cocok Sebagai Teman Ketupat Saat Idulfitri - News

News - Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim. Umumnya, momen ini jadi waktu yang tepat untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi bersama keluarga. 

Selain bersilaturahmi, ada juga satu hal lain yang selalu dinanti saat hari raya ini, yaitu menyantap berbagai menu masakan khas Idulfitri

Ketika Lebaran tiba, salah satu santapan wajib yang bisa ditemukan di atas meja makan adalah ketupat

Pada umumnya, ketupat disajikan dengan berbagai masakan khas Idulfitri dari masing-masing daerah di Indonesia. Bingung masakan pendamping seperti apa yang paling cocok sebagai pendamping ketupat untuk keluargamu? Yuk cek pilihannya berikut ini. 

1. Opor Ayam

Masakan khas Indonesia pertama yang menjadi favorit saat Idulfitri tiba adalah Opor Ayam. Biasanya orang-orang akan menikmati opor ayam bersama dengan ketupat yang telah dipotong-potong dan dengan tambahan taburan bawang goreng di atasnya.  

Terbuat dari ayam yang dimasak dengan saus santan kental, Opor Ayam kaya akan campuran rempah-rempah khas Indonesia, seperti daun salam, kencur, dan sereh. 

2. Rendang

Masakan lain yang cocok disajikan dengan Ketupat adalah Rendang. Olahan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar) ini dibuat menggunakan campuran rempah-rempah khas Indonesia dengan santan yang gurih, serta dimasak dengan waktu yang cukup lama. Tak heran kalau Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. 

3. Semur Daging

Menu masakan khas lebaran berikutnya yang cocok disajikan bersama ketupat adalah Semur Daging. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang diolah dengan kecap manis dan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Selain diisi dengan daging sapi, biasanya Semur Daging juga berisi telur ayam, wortel, dan kentang.  

4. Sambal Goreng Ati dan Kentang

Masakan khas Indonesia yang juga sering ditemukan saat Idulfitri adalah Sambal Goreng Ati dan Kentang. 

Penganan yang satu ini terbuat dari bahan dasar hati ayam atau hati sapi dan kentang, yang dimasak dengan bumbu sambal dengan campuran rempah-rempah Indonesia, serta dipadukan dengan udang dan kapri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat