androidvodic.com

Menyusui Bukan Sekadar Memberi ASI, Tapi Ciptakan Bonding Terbaik Antara Ibu dan Bayi - News

Laporan Wartawan News Willem Jonata 

News, JAKARTA -  Memberikan ASI eksklusif merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan ibu kepada buah hatinya yang masih bayi.

Namun, kadangkala karena kondisi tertentu, ibu terpaksa memberikan ASI perah melalui dot. Nah, pemberian ASIP tidak bisa sembarangan.

Ibu menyusui harus memperhatikan dot agar buah hati tak mengalami bingung puting.

Demikian dikatakan dokter laktasi dr. Taya Hutagalung, CIMI, sebagai pembicara Roadshow Mom Uung di Ballroom Gumaya Tower Hotel, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang dihadiri 500 peserta ibu hamil dan ibu menyusui.

“Jangan asal kasih dot untuk pemberian ASIP, karena bisa bikin bayi bingung puting,” ucapnya.

Ia mengingatkan ibu menyusui yang memberikan ASIP untuk kembali melakukan direct breastfeeding atau DBF.

Sebab, pemberian ASI secara langsung dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi, meningkatkan bonding ibu dan anak, dan mencegah infeksi penyakit karena lebih higienis.

Baca juga: ASI Dibekukan dan Dikeringkan Punya Risiko Penurunan Nutrisi, Menyusui Langsung Rekomendasi Terbaik

Menyusui langsung artinya terjadi interaksi skin to skin. Ibu menyusui punya banyak waktu memberi sentuhan kasih sayang, misalnya dengan menggendong dan memeluk bayinya.

Secara langsung, aktivitas tersebut meningkatkan kedekatan emosional ibu dan bayi. Skin to skin antara ibu dan bayi juga  dapat mengurangi risiko hipotermia dan stres, serta membuat kualitas tidur si kecil meningkat.

Uung Victoria Finky selaku founder Mom Uung menambahkan bahwa pihaknya ingin menyiarkan pentingnya menyusui, dan kehebatan ASI yang tak bisa tergantikan.

Hal ini menyusul adanya keresahan kesadaran menyusui yang sangat kurang di Indonesia agar meningkatkan kesadaran dan membangun semangat menyusui para ibu menyusui.

“Menyusui itu bukan sekadar memberikan ASI, tapi ibu memberikan dia bekal imun terbaik, gizi terbaik, dan tentunya bonding terbaik yang hanya bisa didapatkan lewat menyusui. Makanya ASI itu bukan hanya tidak tertandingi, tapi juga tidak tergantikan,” katanya. 

Sejak 2023 Mom Uung terus mengadakan education tour (Roadshow) sebagai salah satu upaya meningkatkan angka keberhasilan menyusui di Indonesia.

Event ini merupakan salah satu agenda Komunitas Sahabat Pejuang ASI Mom Uung.

Ia berharap para ibu tidak merasa berjuang sendiri dalam proses menyusio.

"Enggak ada istilahnya enggak bisa menyusui, karena Mom Uung udah kasih fasilitas konsultasi gratis yang bisa diakses bumil busui kapanpun,” tandas Jonathan, CEO Mom Uung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat