androidvodic.com

Jam Berapa Shalat Idul Adha 2024 Digelar? Ini Jadwal dan Lokasinya - News

News - Umat Islam di Indonesia akan melaksanakan shalat Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024.

Shalat Idul Adha adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan setiap 10 Dzulhijjah setiap tahunnya dan pada pagi sebelum menyembelih hewan kurban.

Bagi Anda yang hendak menggelar shalat Id, perlu memperhatikan waktu pelaksanaan shalat Idul Adha agar tidak terlambat atau ketinggalan.

Jadwal Shalat Idul Adha 2024

Lantas, jam berapa shalat Idul Adha 2024 digelar?

Menurut hadist Nabi SAW yang diriwayatkan Ahmad bin Hasan Al-Banna' yang diterima dari Jundub ra., shalat Idul Adha dikerjakan lebih pagi ketimbang waktu shalat Idul Fitri.

"Rasulullah Saw. mengerjakan shalat Idul Fitri bersama kami, saat matahari setinggi kira-kira dua tombak, dan mengerjakan shalat Idul Adha saat matahari setinggi kira-kira satu tombak."

Dari penjelasan hadits di atas dapat disimpulkan, shalat Idul Adha disunahkan untuk disegerakan atau lebih pagi, dikutip dari rumahzakat.org.

Hal serupa juga pernah disampaikan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis.

Menurutnya, waktu mulai shalat Idul Adha adalah ketika matahari sudah mulai setinggi tombak atau saat masuknya shalat dhuha.

"Baiknya bisa mulai dilaksanakan 06.30 atau jam 7-an. Di samping menunggu terang matahari, juga menunggu jemaah," kata Cholil dikutip dari Kompas.com.

Bila merujuk pada kebiasaan orang Indonesia, maka waktu pelaksanaan shalat Idul Adha sekira pukul 06.00 hingga 07.00 waktu setempat.

Baca juga: Tata Cara Shalat Idul Adha 2024, Dilengkapi Bacaan Niat, Doa Iftitah, dan Bacaan di antara Takbir

Namun, umat Islam bisa datang sekira 30 menit ke lokasi agar tidak terlambat mengikuti shalat Idul Adha.

Sementara itu, pelaksanaan shalat Idul Adha lebih pagi karena umat Islam harus segera menyembelih hewan kurban.

Ini, dikutip dari Surya.co.id, berdasarkan pendapat Imam Syafi'i dalam Buku Ensiklopedia Fikih Indonesia Shalat oleh Ahmad Sarwat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat