androidvodic.com

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Hijriyah, Dibaca 3 Kali Setelah Maghrib, Sabtu 6 Juli 2024 - News

News - Inilah bacaan doa awal tahun baru hijriyah dalam tulisan Arab, lafal latin, dan arti.

Bacaan doa awal tahun dibaca sebanyak 3 kali setelah shalat Maghrib pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Pada saat memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa awal tahun Hijriyah.

Doa awal tahun baru Hijriyah dibaca dengan harapan di tahun baru mendatang seseorang bisa menjadi lebih baik lagi.

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Hijriyah

Inilah bacaan doa awal tahun Hijriyah dilengkapi tulisan Arab, latin, dan terjemahan:

اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Lafal latin: Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwal. Wa haadzaa 'aamun jadiidun qad aqbal. Nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal'auna 'alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya: "Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."

Diketahui, Sabtu 6 Juli 2024 merupakan hari terakhir tahun Hijriyah 1445 H sekaligus awal 1446 H.

Hal ini merujuk pada sistem kalender Hijriyah, sebuah hari dan tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut atau ketika memasuki waktu Maghrib.

Artinya, Sabtu besok malam, umat Islam akan memasuki awal tahun Hijriyah 1446 H meski dalam kalender Masehi, Tahun Baru Islam 1446 H jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Saat memasuki detik-detik hari pertama awal Tahun Baru Islam 1446 H, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa awal tahun.

Baca juga: Bacaan Doa Akhir Tahun, Dibaca 3 Kali Setelah Ashar hingga Sebelum Maghrib pada Sabtu, 6 Juli 2024

Doa awal tahun berisi tentang harapan harapan yang akan atau ingin dicapai selama satu tahun ke depannya serta permohonan perlindungan dari Allah Swt.

Doa awal tahun di atas ada dalam Kitab Al Jami' Al Kabir karya Imam As-Suyuthi.

Selanjutnya, doa dalam kitab Imam As-Suyuthi tersebut ditambahkan lafadz shalawat di awal kalimat oleh Mufti Batavia, Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya.

(News/Sri Juliati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat