androidvodic.com

Gelar Flashmob Berkebaya, Kowani: Kebaya Simbol Kemandirian Perempuan Indonesia - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ribuan perempuan dari sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengikuti flashmob poco-poco berkebaya yang diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Tarian ini diikuti para anggota Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI), dan juga sejumlah komunitas.

Baca juga: Parade Kebaya Nusantara di Sejumlah Kota Meriahkan Perayaan HKN 2024

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Berkebaya Nasional (HKN) yang puncaknya akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, pada 24 Juli 2024.

“Dalam Kongres Kowani X, Presiden Soekarno mengatakan mengatakan bahwa kebaya bukan hanya sekadar kecantikan, lenggak-lenggok perempuan Indonesia," ujar Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, dalam keterangannya, Kamis (18/7/2024).

" Akan tetapi punya makna yang dalam yakni kebaya yang digunakan perempuan Indonesia membuat kita semangat, karena identik dengan kesetaraan, perjuangan dan kemandirian perempuan Indonesia,” tambah Giwo.

Baca juga: Anggota Wantimpres: Kebaya Bukan hanya Budaya tapi Bisa Menggerakkan Perekonomian Bangsa

Melalui kegiatan ini, Kowani ingin menyampaikan makna bahwa kebaya merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan.

Dirinya mengungkapkan kebaya merupakan pakaian khas perempuan Indonesia dari masa ke masa.

“Perempuan Indonesia berkebaya bukan hanya saat ini saja, tetapi sejak zaman Majapahit. Bahkan Laksamana Malahayati menggunakan kebaya saat menjadi panglima perang melawan Belanda,” kata Giwo.

Giwo menambahkan kebaya juga memiliki makna yang mendalam, seperti kesetaraan dan pemberdayaan ekonomi.

Dalam setiap helai kebaya dan aksesoris pendukungnya, terdapat perempuan yang menjadi pelaku UMKM.

“Melalui kebaya, terdapat upaya pemberdayaan ekonomi perempuan Indonesia. Kami harap dengan mengenakan kebaya, UMKM Indonesia dapat naik kelas,” harap dia.

Selain itu, kegiatan tersebut memiliki makna bahwa berkebaya tidak menghalangi perempuan dalam menjalankan aktivitasnya.

Selama ini tertanam di benak masyarakat, berkebaya merepotkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat