androidvodic.com

PAN Apresiasi Anies Baswedan yang Ingin Maju Jadi Capres 2024, Bakal Diusung KIB? - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA -  Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi merespons soal Anies Baswedan yang menyatakan siap maju di Pilpres 2024.

"Jika Mas Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden, PAN mengapresiasi dan hal itu akan baik dalam proses kehidupan berdemokrasi di Indonesia," kata Viva dalam pesan yang diterima, Jumat (16/9/2022).

Viva kemudian menyinggung soal nama Anies yang masuk daftar calon pemimpin di 2024 versi Rakernas III PAN 2022.

Baca juga: Demokrat Sebut Ada Invisible Hand yang Ingin Jegal Anies Baswedan Maju Capres 2024

Namun, Viva kembali mengingatkan bahwa sampai saat ini belum ada satu pun partai politik secara resmi mencalonkan nama di pilpres 2024, termasuk KIB.

Saat ditanya soal apakah KIB akan mempertimbangkan nama Anies untuk diusung, Viva menjawab hal tersebut akan dibahas di KIB.

"Nanti akan dirapatkan di KIB. Ditunggu ya. Kan juga masih lama. Masih setahun lagi pendaftaran capres/cawapres," kata dia

"Proses politik ini akan mengalami maturasi atau akan semakin matang, dan pada waktunya parpol harus mengusulkan paslon capres/ cawapres di pilpres 2024," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Orang nomor satu di ibu kota ini menyebut, dirinya siap jadi capres 2024 bila ada partai politik (parpol) yang mau mengusungnya.

"Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung," ucapnya dilansir dari Reuters, Jumat (16/9/2022).

Gubernur Anies Baswedan pun mengaku kaget saat elektabilitasnya meroket dalam setiap survei.

Dalam setiap jajak pendapat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, nama Anies Baswedan tak pernah absen dari tiga besar.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," ujarnya.

Sebagai informasi, belakangan Gubernur Anies Baswedan memang dikaitkan dengan sejumlah parpol.

Bahkan, namanya masuk dalam bursa capres Partai Demokrat, NasDem, PKS, hingga PAN.

Walau demikian, belum ada satu pun parpol yang mendeklarasikan bakal mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 mendatang.

Beberapa tokoh politik lainnya, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani pun disebut-sebut bakal jadi saingan Anies dalam Pilpres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat