androidvodic.com

KPU Rapat Pleno 8 November Simpulkan Hasil Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera menggelar rapat pleno membahas kesimpulan hasil verifikasi faktual terhadap sembilan partai politik (parpol) nonparlemen calon peserta pemilu 2024.

Rapat pleno akan digelar pada Selasa, 8 November 2022.

Adapun sembilan parpol nonparlemen yang diverifikasi faktual adalah PSI, Perindo, PBB, Partai Hanura, Partai Garuda, PKN, Partai Gelora Indonesia, Partai Ummat, dan Partai Buruh.

"Sekitar tanggal 8 November 2022 ini akan melakukan rapat pleno untuk membuat kesimpulan hasil verifikasi faktual di tingkat kabupaten kota itu, lalu masing-masing partai politik itu statusnya bagaimana," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kantor KPU Provinsi Bali, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: KPU Belum Ambil Sikap Usai Bawaslu Kabulkan Gugatan Lima Parpol Soal Verifikasi Administrasi

Hasyim mengatakan KPU akan memutuskan parpol mana yang belum memenuhi syarat verifikasi faktual.

Jika ada maka KPU memberi kesempatan perbaikan data yang belum memenuhi syarat untuk selanjutnya dilakukan lagi verifikasi faktual terhadap perbaikan tersebut.

"Perbaikan nanti di daerah mana, beberapa jumlah anggota yang harus diperbaiki ya, dikasih kesempatan untuk perbaikan yang dilakukan oleh DPP partai politik dengan cara meng-input lagi data yang diperbaiki itu dan kemudian nanti akan diverifikasi faktual untuk tahap kedua," kata Hasyim.

Sebagai informasi, verifikasi faktual telah berjalan sejak 15 Oktober 2022 dan berakhir 4 November 2022 kemarin.

KPU kabupaten/kota saat ini tengah dalam proses pelaporan ke KPU provinsi dengan cara mengupload hasil verifikasi pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Sebagaimana nanti direkap oleh KPU provinsi secara berjenjang nanti akan dilaporkan kepada KPU pusat," ucap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat