androidvodic.com

Ada Usulan Megawati Jadi Capres 2024, Pengamat: PDIP Mau Bunuh Diri? - News

News - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai jika usulan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menjadi capres di 2024 terealisasi, maka dianggap langkah bunuh diri.

Hal tersebut, kata Pangi, lantaran mayoritas pemilih PDIP justru akan memilih Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sehingga, jika usulan ini terealisasi, Pangi melihat adanya perbedaan dukungan antara elit PDIP dengan grassroot atau akar rumput di daerah.

"Alasannya sederhana, pemilih PDIP dominan signifikan memilih Ganjar. Nggak mungkin, menurut saya, ada perbedaan dukungan elit dan grassroot, akan terjadi split ticket voting yang tinggi, tidak beririsan antara pilihan elit dengan pilihan grassroot PDIP. Apakah betul PDIP mau bunuh diri?" jelas Pangi saat dihubungi News, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Wacana Megawati Jadi Capres 2024 dari PDIP, Pengamat: Jangan Samakan dengan Biden dan Mahathir

Pangi pun meyakini bahwa Megawati telah memilih Ganjar sebagai capres yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024 meski adanya perselisihan dengan Ketua DPR sekaligus anaknya, Puan Maharani.

"Di saku Megawati, setahu saya Ganjar (jadi capres PDIP). Walaupun Megawati sebetulnya ingin anaknya, kalau secara psikologi politik."

"Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya menjadi capres (atau) cawapres dan memenangkan pemilu. Tapi yang jelas PDIP bakal mengusung Ganjar," tegasnya.

Sebelumnya, wacana Megawati diusung menjadi capres di 2024 diungkapkan oleh Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga.

Awalnya, usulan agar Megawati maju menjadi capres disampaikan oleh pendiri Total Politik, Budi Adiputro.

Bak gayung bersambut, Eriko pun menganggap usulan Budi masuk akal.

"Ini usulan yang masuk akal, saya nanti harus sampaikan ke Bu Ketua Umum karena bukan kewenangan kami," ujar Eriko, Minggu (8/1/2023) dikutip dari Kompas.com.

Eriko pun menganggap pencalonan Megawati memiliki kesamaan dengan Presiden Brazil Lula da Silva dan terpilihnya Anwar Ibrahim sebagai PM Malaysia.

"Ada Anwar Ibrahim di usia yang tidak muda. Banyak. Presiden China Xi Jinping. Mereka lihat kenapa enggak yang ketua umum dan pengalaman (maju pilpres)," katanya.

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di sela Jeju Peace Forum, di Kota Jeju, Seoul, Kamis (15/9/2022).
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di sela Jeju Peace Forum, di Kota Jeju, Seoul, Kamis (15/9/2022). (Istimewa)

Baca juga: Megawati Bisa Maju di Bursa Capres 2024, PDIP Siapkan Kejutan di Perayaan HUT ke-50

Kemudian, Eriko pun meminta Budi dan rekannya agar melakukan kajian terkait usulan Megawati jadi capres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat