androidvodic.com

Pengamat: NasDem hanya Jadikan Anies Sebagai Brand, Koalisi Perubahan Berpotensi Sebatas Wacana - News

News, JAKARTA - Pengamat Politik Arifki Chaniago menilai Partai Nasional Demokrat (NasDem) hanya menjadikan Anies Baswedan sebagai sebuah produk dan tidak serius dalam koalisinya bersama Partai Demokrat dan PKS

Koalisi Perubahan antara Nasdem, Demokrat, dan PKS yang masih belum mencapai titik temu hingga saat ini merupakan alasannya.

“Jika Koalisi Perubahan gagal terbentuk dalam waktu dekat, berarti NasDem hanya menginginkan Anies Baswedan sebagai brand partaI,” kata Arifki dalam keteranganya, Sabtu (28/1/2023).

“Artinya, rencana koalisi perubahan untuk tahun 2024 berpotensi menjadi wacana yang hanya menjadi rencana besar saja,” tambahnya.

Lebih lanjut, berpotensi gagalnya Koalisi Perubahan ini dilihat Arifki dari NasDem yang bimbang dengan adanya ihwal isu pergantian kabinet. 

Pergantian kabinet ini, kata Arifki, merupakan peluang yang dapat diambil NasDem untuk kembali berbaikan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Peluang baru yang bisa diambil oleh NasDem yaitu kembali menjadi bagian penting dari pemerintahan Jokowi setelah berjaraknya hubungan dua tokoh ini setelah deklarasi Anies sebagai calon presiden,” jelasnya. 

Adanya peluang untuk berbaikan ini dilihat oleh Arifki sejak pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam HUT PDIP beberapa waktu lalu.

Di mana Mega punya kemungkinan berbeda rencana dengan Jokowi dalam perjalanan Pemilu 2024.

Baca juga: Jika Koalisi Perubahan Bubar, Demokrat-PKS Dinilai Berpeluang ke KIB

“Bisa saja kan? NasDem bakal kembali menjadi bagian penting pemerintahan Jokowi dengan jaminan dipertahankannya menteri-menterinya di kabinet. Syarat lainnya tentu mendukung capres yang diusung oleh Jokowi di 2024,” kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

“Sebenarnya bagi NasDem ini bisa saja, soalnya Anies sudah menjadi Brand Nasdem. Potensi elektoral Anies yang berdampak kepada NasDem dari masyarakat yang oposisi dengan pemerintahan Jokowi. Pada sisi lain, posisi menteri Nasdem aman sampai tahun 2024”, tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat