androidvodic.com

Dapat Tiket Maju Pilpres 2024, Anies Baswedan Bersyukur: Presidential Threshold 20 Persen Terlampaui - News

News, JAKARTA - Bakal calon presiden Anies Baswedan mengucap syukur karena mendapatkan tiket untuk maju di Pilpres 2024.

Tiga partai politik Demokrat, NasDem, dan PKS resmi memutuskan mengusung Anies Baswedan jadi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

"Dengan mengucap bismillah, kepercayaan itu kini telah diembankan.

Kemarin Partai Keadilan Sejahtera telah menyatakan dukungannya, melengkapi deklarasi sebelumnya oleh Partai Nasdem pada tanggal 3 Oktober 2022, dan pernyataan Partai Demokrat pada tanggal 26 Januari 2023, maka presidential threshold 20 persen telah terlampaui.

Kami mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera sebagai partai pengusung. Insya Allah amanah ini kita jalankan sebaik-baiknya, untuk Indonesia," tulis Anies Baswedan di akun Instagram pribadinya, dikutip Tribunnews, Selasa (31/1/2023).

PKS dukung Anies jadi Capres 2024

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024. (News/Fersianus Waku)

PKS mengikuti jejak NasDem dan Demokrat untuk mendukung Anies Baswedan jadi capres 2024.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman mengatakan, dukungan itu diputuskan atas keputusan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Majelis Syuro.

Kendati demikian, Sohibul menyatakan dukungan secara resmi akan disampaikan PKS pada 24 Februari mendatang.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” kata Sohibul di Gubug Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023) kemarin.

Sohibul menuturkan melalui dukungan tersebut persyaratan presidential threshold (PT) 20 persen sebagai syarat pencalonan presiden sudah terpenuhi.

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen," ujarnya.

Baca juga: Penjelasan PKS dan Demokrat Rela Cawapres Ditentukan Anies Baswedan

Pernyataan Partai Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pandangan awal tahun dan menanggapi isu terkini, di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023). Menurut AHY, koalisi yang tengah dibentuk partainya bersama NasDem dan PKS diharapkan bisa jadi poros alternatif yang membawa aspirasi masyarakat Indonesia. TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pandangan awal tahun dan menanggapi isu terkini, di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023). Menurut AHY, koalisi yang tengah dibentuk partainya bersama NasDem dan PKS diharapkan bisa jadi poros alternatif yang membawa aspirasi masyarakat Indonesia. TRIBUNNEWS/JEPRIMA (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Beberapa hari sebelumnya, Partai Demokrat sudah terlebih dahulu menyatakan siap mendukung Anies di Pilpres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat