androidvodic.com

Survei Cawapres Poltracking: Erick Thohir Teratas, Disusul Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil - News

News - Lembaga survei, Poltracking merilis hasil surveinya terkait elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda mengungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi yaitu 17,1 persen.

Kemudian disusul oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di peringkat kedua.

Selanjutnya di peringkat ketiga, ada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Adapun hasil survei ini berdasarkan simulasi 10 nama cawapres yang diajukan terhadap 1.220 responden pada 9-15 April 2023.

"Erick Thohir hanya naik sedikit nol koma, 17,1 persen. Sandiaga Uno juga naik nol koma sekian persen, 15,5 persen dibandingkan dengan simulasi 20 nama (cawapres). Ridwan Kamil, 13,5 persen," tuturnya dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Poltracking TV, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Survei Poltracking Soal Kinerja Menteri: Prabowo Tertinggi, Disusul Erick Thohir dan Sandiaga

Selain ketiga nama di atas, Hanta juga menyebut Menkopolhukam, Mahfud MD turut masuk dalam kandidat cawapres berdasarkan survei yang dilakukan pada 9-15 April tersebut.

Berdasarkan survei tersebut, Mahfud meraih 7,8 persen suara.

Lalu, di bawahnya, ada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berselisih tipis dengan Mahfud yakni meraih 7,7 persen suara.

Kemudian, secara berturut-turut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa berada di peringkat enam dengan raihan 6,8 persen dan diikuti Ketua DPR, Puan Maharani yang mendapatkan perolehan suara sebanyak 3,5 persen.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menduduki peringkat kedelapan dengan raihan 3,1 persen suara dan dibawahnya ada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebanyak 3 persen suara.

Pada peringkat terakhir, ada mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang meraih suara 2,5 persen.

Baca juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Diikuti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Terkait hasil survei elektabilitas cawapres ini, Hanta menilai dari tiga besar yang masuk, belum ada yang mendominasi hingga mencapai 30 persen suara seperti elektabilitas capres.

Di sisi lain, Hanta mengungkapkan ada pengaruh panggung politik yang menyertai sehingga 10 nama kandidat cawapres dapat masuk dalam survei versi Politracking tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat