androidvodic.com

LSI Denny JA Ungkap Tokoh yang Raih Indeks Cawapres Tertinggi - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru terkait peta konstelasi politik di pilpres 2024 mendatang.

Tak hanya calon presiden (capres), termasuk sosok calon wakil presiden (cawapres) yang kini menjadi rebutan.

LSI Denny JA mencatat indeks calon wakil presiden (cawapres) dalam temuan survei yang dilakukan pada periode 3-14 Mei 2023. Adapun terdapat lima variabel yang menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan cawapres. 

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Pertama Kalinya Elektabilitas Ganjar Turun

Kelima variabel itu adalah tambahan elektabilitas, kuasa tiket (ketua umum partai), tokoh dari ormas besar, pengalaman pemerintahan, dan jaringan sumber dana.

“Indeks cawapres ini dibuat berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya dan realitas politik. Cawapres dipilih bukan semata faktor elektabilitas. Namun, gabungan lima faktor utama yang kami sebut sebagai indeks cawapres,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam paparannya, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: LSI Denny JA Ungkap Pertama Kalinya Elektabilitas Ganjar Pranowo Menurun Sejak Setahun Terakhir

Adjie menjelaskan dari riset kualitatif dan expert judgement yang dibuat LSI Denny JA, setiap nama dari delapan cawapres dinilai dari kelima variabel tersebut. 

Delapan nama cawapres yang diuji adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Said Aqil Siradj, dan Sandiaga Uno.

“Hasilnya tak ada satupun cawapres ideal yang memenuhi kelima variabel yang harus dipenuhi Cawapres. Dan tak ada satupun Cawapres yang menambah elektabilitas signifikan bagi Capres,” terangnya.

Dari kedelapan nama tersebut, kata Adjie, Airlangga Hartarto merupakan cawapres dengan indeks tertinggi karena memenuhi paling banyak tiga variabel, yaitu kuasa tiket (ketum partai), pengalaman pemerintahan, dan jaringan sumber dana. 

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Mayoritas Pemilih Inginkan Capres yang Strong Leader

Di bawah Airlangga Hartarto, ada lima cawapres yang memenuhi dua dari lima variabel, yaitu Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, dan Muhaimin Iskandar. 

Sementara itu, cawapres yang hanya memenuhi satu variabel saja adalah AHY dan Said Aqil Siradj.

“Jika capres diputuskan melalui pertimbangan elektabilitas atau dukungan publik terhadap tokoh itu berdasarkan survei, cawapres sepenuhnya diputuskan berdasarkan kesepakatan segelintir elit partai saja dengan mempertimbangkan empat variabel diatas, selain tambahan elektabilitas,” pungkasnya.

Sebagai informasi, survei LSI Denny JA dilakukan pada 3 Mei sampai 14 Mei 2023 melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan rentang usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random sampling dengan cara tatap muka. Margin of error survei diperkirakan ± 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat