androidvodic.com

Pengamat Politik Unand: Anies Baswedan Bisa Ungguli Prabowo Subianto di Wilayah Sumatera Barat - News

News - Sejauh ini terdapat tiga nama bakal capres 2024 yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, yang santer dibicarakan.

Dari ketiga nama tersebut, Anies Baswedan dinilai akan mampu mengungguli Prabowo Subianto di wilayah Sumatera Barat pada Pilpres 2024.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Pengamat politik Prof. Asrinaldi yang merupakan Guru Besar Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat.

Menurutnya, ada beberapa kriteria pemilih di Sumatera Barat ini yang mempengaruhi pemilihnya.

Adapun kriteria tersebut, menyangkut bagaimana konteks religiusitas Islam, pragmatisme, dan rasionalitas masyarakat.

"Saya kira, dengan tiga faktor tersebut, segmen Prabowo pada Pilpres yang lalu akan berpikir dua kali untuk kembali memilih Prabowo karena, mereka punya alternatif lain yaitu Anies,"

"Selama dua periode Pilpres sebelumnya, suara masyarakat Sumbar dimenangkan mutlak oleh Prabowo, tetapi saat ini sudah ada alternatif yaitu Anies," kata Prof. Asrinaldi, Minggu (21/5/2023), dikutip dari TribunPadang.com.

Baca juga: VIDEO Anies Baswedan ke Relawan: I Love You Almost Full, Perjalanan Kita Masih Panjang

Prof. Asrinaldi juga menambahkan, bahwa masyarakat Minangkabau tak hanya terpaku satu pilihan saja, namun akan sangat dinamis.

"Dalam konteks ini, Anies bisa mengambil suara Prabowo di Sumbar, walaupun tentunya pendukung loyal Prabowo akan tetap ada,"

"Untuk Pilpres 2024 mendatang, tentunya akan berbeda dengan sebelumnya, karena ada tiga nama saat ini yang akan menjadi Capres Anies dan Prabowo serta ditambah dengan Ganjar Pranowo," imbuhnya.

Lebih lanjut, Anies Baswedan disebut tak bisa unggul secara mutlak seperti halnya Prabowo Subianto dalam Pilpres 2 periode sebelumnya.

Namun, Anies akan dapat lebih unggul dari Prabowo Subianto.

"Tetapi secara leading-nya, Anies akan bisa lebih unggul dari Prabowo walaupun persentase tipis,"

"Kunjungan Anies ke Sumbar tentunya perlu, tetapi saya rasa cukup satu kali lagi saja menjelaskan Pilpres 2024, untuk membangun kepercayaan pemilihnya di Sumbar dan memastikan ia akan leading di sini," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat