androidvodic.com

6 Hasil Survei Terbaru di Juni 2023: Prabowo Hampir Sapu Bersih Keunggulan, Ganjar Menempel Ketat - News

News, JAKARTA - Persaingan tiga tokoh yang digadang bakal maju di pemilihan presiden 2024 semakin ketat.

Seperti diketahui, tiga tokoh tersebut masing-masing adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan bekas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Secara periodik, lembaga-lembaga survei merilis pergerakan elektabilitas ketiga tokoh tersebut.

Berikut enam hasil survei yang dirilis dalam bulan ini. Prabowo hampir menyapu bersih keunggulan.

1. Survei Indopol

Lembaga survei Indopol mengungkap Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto masih menjadi calon presiden (capres) yang terkuat dalam bursa pemilihan presiden 2024 mendatang.

Eks Danjen Kopassus itu unggul dari dua capres potensial lainnya yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Selain unggul elektabilitas, Prabowo juga bakal menang secara head to head jika dihadapkan dengan kedua tokoh tersebut.

Baca juga: Survei Indopol: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar Pranowo Maupun Anies Baswedan

Direktur Eksekutif Indopol Survey & Consulting Ratno Sulistiyanto mengatakan simulasi pertama Prabowo dihadapkan melawan Ganjar Pranowo. Hasilnya, Prabowo memperoleh 42,9 persen, Ganjar 36,94 persen dan belum memilih 20,16 persen.

"Elektabilitas dua nama calon presiden (head to head), jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, Prabowo Subianto memenangkan pilpres dengan suara 42,9 persen, sementara Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebesar 36,94 persen dan yang belum menentukan pilihan 20,16 persen," kata Ratno dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (20/6/2023).

Hal tidak jauh berbeda dengan simulasi kedua yang dilakukan oleh Indopol Survey & Consulting. Adapun Prabowo juga unggul secara head to head melawan Anies Baswedan jika dihadapkan head to head di Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu unggul dengan perolehan 41,53 persen suara. Sementara itu, Anies Baswedan 34,44 persen suara dan belum memilih 24,03 persen.

2. LSI Denny JA

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali mengeluarkan hasil temuan terbarunya yang berkaitan dengan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat